Menikmati Keindahan Taman Bunga di Wagos

Listen to this article

GRESIK lintasjatimnews – Bagi para traveler yang singgah di Gresik. Kurang lengkap rasanya jika belum mencoba beberapa tempat wisata di wilayah Gresik Utara. Banyak tempat wisata eksotik yang terletak disana. Seperti, Kebun Pak Inggih ( KPI) , Wisata Alam Setigi,dan Wisata Alam Gosari( Wagos). Salah satu yang Lintas Jatim News kunjungi. Yaitu,wisata alam Gosari.

Wisata yang menghadirkan pemandangan taman bunga warna warni dipadu dengan pemandangan bukit kapur. Membuat pengunjung betah berlama-lama disini.Wisata alam seluas 3 hektar ini berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah. Awal singkat sejarah Wagos berdiri, berkat inisiatif para pemuda pemudi Karang Taruna Desa Gosari. Yang dulunya tempat biasa, dibangun menjadi tempat wisata. Sekaligus melindungi situs Gua Butulan agar tidak hilang. Pada akhirnya,wisata yang menawarkan perpaduan edukasi, wisata,dan budaya ini. Pada 2018 resmi dibuka untuk umum.

Adapun fasilitas yang tersedia bagi pengunjung antara lain: kolam renang, permainan kereta anak anak, wisata naik kuda,ada juga wahana perahu bebek. ” Bagi pengunjung yang ingin bersantap siang, juga bisa menikmati hidangan di cafe sawah dan cafe bamboo,” ujar Misbahudawam, Direktur Wagos kepada Lintas Jatim News, Sabtu (21/05/2022).

Misbahudawam menambahkan, jika di tempatnya ada tiga lokasi cagar budaya,yang harus dilindungi keberadaannya. Yaitu, Prasasti Gua Butulan,Tungku Pembakaran Gerabah di Era Majapahit, serta Sendang Lanang dan Sendang Bidadari.
” Rencana tahun depan kita ada pengembangan kolam renang sendiri. Juga kedepan ada pengembangan di Gua Butulan,” terangnya. Prasasti Gua Butulan merupakan prasasti aksara Jawa pada masa 1376 masehi.

Para pengunjung tidak hanya dari wilayah Gresik sekitar. Namun,ada yang berasal dari beberapa kota di Jawa Timur. Seperti, Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Mojokerto, hingga Bandung. Salah satu pengunjung asal Babat Lamongan, Ibu Lilik terkesan dengan taman bunganya yang indah di Wagos. ” Tempatnya nyaman, tidak panas ,” ujarnya.

Reporter : budi