Sukseskan Pemilu, Pemkab Lamongan Gelar Rakor Forkopimda

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Rapat Koordinasi Forkopimda-Forkopimcam dan Tiga Pilar Desa/Kelurahan. Kegiatan ini bertempat di GOR Lamongan, Selasa (6/2/2024).

Rapat Koordinasi Forkopimda-Forkopimcam dan Tiga Pilar Desa/Kelurahan dihadiri 700 peserta dari unsur Pemerintah, TNI dan Polri dari tingkat Kabupaten hingga Desa/Kelurahan. Rapat ini bertujuan memantapkan persiapan pelaksanaan Pemilu agar dapat berjalan dengan aman dan damai.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak seluruh unsur untuk meningkatkan sinergitas mengingat luasnya wilayah Lamongan sehingga membutuhkan kerjasama yang kuat.

“Dibutuhkan sebuah energi besar dalam rangka menjalankan Pemilu mengingat luasnya Kabupaten Lamongan. Kita terdiri dari 462 desa dan 12 kelurahan. Mari terus tingkatkan kerjasama. Kita kuatkan koordinasi karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” pesan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi

Lebih lanjut, Bupati Yuhronur Efendi menerangkan kerjasama dibutuhkan untuk menciptakan suasana yang aman saat Pemilu, agar masyarakat dapat memberikan hak pilih dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah, tingkat partisipasi publik dari Pemilu dan Pilkada sebelumnya semakin meningkat. Kita harus jaga terus supaya 2024 ini partisipasi publik terus meningkat,” tambah Bupati Lamongan Yuhronur Efendi

Beberapa strategi yang didorong Bupati Lamongan Yuhronur Efendi untuk meningkatkan partisipasi publik di antaranya adalah dengan mengoptimalkan peran tiga pilar desa, yakni Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menyerukan penggunaan hak suara secara damai.

“Libatkan tokoh-tokoh masyarakat lintas agama dan terus menggaungkan tentang kesatuan bangsa keamanan bangsa dan juga untuk Indonesia agar tetap terjaga,” tegas Bupati Lamongan Yuhronur Efendi

Senada dengan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi , Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan juga berpesan kepada seluruh unsur agar Pemilu tidak menjadi sumber perpecahan, melainkan menjadi momen persatuan.

“Mari ubah pola pikir tentang Pemilu. Pemilu bukan ajang perebutan kekuasaan, tetapi ajang memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, berbeda pilihan bukan persoalan,” pungkas Letkol Arm Ketut Wira Purbawan

Reporter Fathurrahim Syuhadi