Sinergitas YBM PLN Bersama DD, Gulirkan Pemberdayaan Bagi Masyarakat Lokal Semongkat -
Sinergitas YBM PLN Bersama DD, Gulirkan Pemberdayaan Bagi Masyarakat Lokal Semongkat

Sinergitas YBM PLN Bersama DD, Gulirkan Pemberdayaan Bagi Masyarakat Lokal Semongkat

SUMBAWA (lintasjatimnews.com) – Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN, lembaga profesional yang mengelola dana zakat dari seluruh lingkungan PT PLN (Persero) di Indonesia), menggandeng Dompet Dhuafa kembali menjejak manfaat program pemberdayaan masyarakat Semongkat. Adapun program yang digulirkan ialah budidaya jahe, ikan nila, dan pohon produktif seperti jenis mangga, durian, rambutan serta manggis. (Kamis, 10/12/2020)

Dusun Semongkat yang terletak di Desa Kelungkung, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa, NTB, terkenal dengan potensi alam yang melimpah. Dikelilingi perbukitan dengan ketinggian antara 250-800 meter di atas permukaan air laut, membuat wilayah ini sangat cocok dengan budidaya aneka raga tumbuhan.

Pihak YBM PLN UP3 Sumbawa, Khusnul Mubarok, mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan salah satu wujud kebaikan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan ummat, “Dalam berbuat baik kita butuh niat yang baik untuk menghasilkan output yang baik”.

Senada dengan hal tersebut, Kamaludin selaku Senior Officer Program Ekonomi Dompet Dhuafa, juga menyampaikan program ini merupakan sinergi Dompet Dhuafa bersama YBM PLN dalam rangka mendorong Dusun Semongkat menjadi desa wisata yang diawali dengan penumbuhan potensi-potensi komoditas yang dikelola masyarakat.

“Melalui kerjasama serta dukungan semua pihak percepatan Desa Semongkat menjadi desa wisata akan terwujud dan akan membawa dampak positif bagi peningkatan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Kamaludin.

Salah satu budidaya yang masih berkembang di sini ialah budidaya madu yang diprakasarai oleh ‘Kelompok Madu Lestari’. Berdiri sejak tahun 2009, merupakan kelompok mitra binaan PLN Induk Unit Wilayah NTB. Membudidayakan madu hutan khas Semongkat yang dihasilkan oleh lebah jenis Apis Dorsata yang kemudian menjadi madu kuning dan lebah jenis Apis Trigona dan menghasilkan madu hitam.

Muhammad Yamin, selaku Ketua Madu Lestari, menyampaikan, “Kelompok Madu Lestari bukan lagi sebatas kelompok budidaya, melainkan sebuah komunitas yang anggotanya bukan hanya dari Dusun Semongkat ataupun Kecamatan Batulanteh, tetapi sudah tersebar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Dengan adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan semangat masyarakat dalam menanam dan merawat. Hal tersebut sontak mengundang semangat yang begitu luar biasa dalam penanaman bibit buah”.

“Desa cahaya merupakan ikhtiar YBM PLN dalam mencapai visi lembaga, memberdayakan Mustahik menjadi Muzaki. Semoga menjejak manfaat YBM PLN bersama Dompet Dhuafa di Desa Semongkat mewujudkan impian masyarakat, berdaya dan bermanfaat bagi alam,” tutup Salman Alfarisi, Deputi Direktur YBM PLN.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Ftzry)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *