Akibat Bakar Rumput Liar Sembarangan, Truk Tangki Bahan Kimia Meledak

Dengarkan beritanya .

SUARABAYA (lintasjatimnews.com) – Sebanyak 7 truk tangki bahan kimia milik PT Laban Raya Samudra, Jalan Dumar Industri, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya, meledak, Sabtu siang (12/9/2020). Kendaraan tersebut sedang terparkir di halaman kosong.

Guna menjinakkan si jago merah, 17 unit Mobil Pemadam Kebakaran Kota Surabaya beserta bronto skylift, dikerahkan supaya api tidak menjalar di sekitar kawasan pergudangan pabrik. Beberapa truk tangki turut dievakuasi agar tidak ikut meledak.

Kapolsek Asemrowo, AKP Hary Kurniawan, menuturkan, Peristiwa ini bermula ketika beberapa karyawan pabrik sedang membersihkan dan membakar rumput liar serta alang alang, yang lokasinya tak jauh dari tempat parkir truk tangki.

“Masih kami dalami siapa yang melakukan pembakaran. Ini lahan kosong dan mungkin angin juga kencang yang berakibat api menyerempet beberapa kendaraan truk,” ungkapnya di lokasi.

“Tidak ada kesengajaan. Hanya karena kelalaian. Ditambah situasinya yang panas dan hembusan angin begitu kuat,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Dedi Irianto, mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut sekitar pukul 09.30 Wib. Bahwa muncul asap hitam tebal di Dumar Industri.

“Teman teman PMK langsung meluncur di lokasi. Pas tiba di tempat kejadian langsung terdengar suara ledakan dan api semakin membesar,” tuturnya.

Dedi menyebutkan, dentuman ledakan tersebut terdengar sampai empat kali. Entah berasal dari drum atau kendaraan truk tangki.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini,” sambungnya.

Saat ini sedang dilakukan pembasahan oleh petugas damkar di sekitar parkiran sekaligus garasi kendaraan truk tangki tersebut.  Beruntung, ada 4 truk tangki yang tidak meledak dan berhasil dievakuasi.(Ramadhani)

Tinggalkan Balasan