Rekonsiliasi Pertemuan Koseka dan Petugas Sensus (PS) 2020

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Koordinator Sensus Penduduk kecamatan Kenjeran (koseka) melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sensus penduduk 2020. Beberapa masalah yang akan dievaluasi antara lain soal kendala sensus, laporan hasil pendataan sensus, pengaduan-pengaduan soal sensus dan lain-lain.

Kegiatan evaluasi ini diselenggarakan di Gedung Paud Cahaya Bunda di jalan Kalilom lor indah no 14 Surabaya. Acara dimulai pukul 09:00 sampai 16:30 WIB. Dihadiri oleh petugas sensus (PS) dan koordinator sensus kecamatan (koseka).

“Kita akan evaluasi khusus untuk sensus sebelum  masa reses nanti,” kata koordinator sensus kecamatan, Tatik Wahyuningsih.SE saat dihubungi lintasjatimnews.com, kamis(10/09/2020).

Konsep acara evaluasi ini adalah pertama adalah Pembukaan, kedua adalah Mengumpulkan dokumen DP2 dan WS SLS yang sudah selesai dari petugas sensus, ketiga Mengisi kartu kendali, keempat Menginput progres kegiatan lapangan, kelima istirahat, ke enam melakukan pemeriksaan DP2 dan WS SLS yang sudah terkumpul, ke tujuh melakukan Pemeriksaan silang SLS yang saling tertukar penduduknya, ke delapan melakukan pemeriksaan batas wilayah SLS melalui WS.

Tatik mengatakan pihaknya juga akan ada kunjungan dari pihak Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi dalam rangka evaluasi ini. Ia juga mengakui masih banyak informasi terkait pelaksanaan sensus di lapangan.

Memang problem mendasar disosialisasi, pentingnya soal evaluasi hasil dari para  petugas sensus penduduk sangat penting  .” katanya.

Dikatakannya, masalah membangun profesionalime petugas sensus lapangan menjadi penting agar kekurangan-kekurangan sebelumya bisa ditekan.

Selain itu kata dia, sistemnya harus dievaluasi termasuk dalam mengerjakan tugas dilapangan agar berjalan dengan lancar.

“Memang ada sebagian petugasnya yang tidak menguasai, baliknya kembali ke soal Agar lebih menguasai tentang tata cara pengerjaannya”. Imbuhnya. (Anil)

Tinggalkan Balasan