Anniversary Logika Kids Lamongan Datangkan Damkar, Begini Serunya

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Sekitar 50 peserta didik Bimbingan Belajar (Bimbel) dan Konsultasi Psikologi Logika Kids sedang konsentrasi menunggu aba-aba dari pemandu untuk memasukkan bendera kertas ke dalam botol. Masing-masing peserta didik siap membawa bendera didampingi ayahnya menuju ke botol yang telah ditunggu ibunya.

Sedang asyik memasukkan bendera, tiba-tiba datang mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan suara sirene yang keras menuju area lapangan untuk memadamkan api dari tumpukkan kertas dan kardus. Seketika konsentrasi peserta didik membubarkan diri berganti alih melihat aksi mobil Damkar dari Unit Paciran Lamongan.

Ternyata itu hanya aksi simulasi yang dipergakan oleh Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) dan Konsultasi Psikologi Logika Kids Payaman, Solokuro, Lamongan. Kegiatan mengambil tema; “Cara Memadamkan Api Saat Kebakar” bersama dengan petugas Damkar Unit Paciran, kegiatan diselenggarakan di lapangan Desa Payaman, Solokuro, Jumat (19/1/2024).

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan utama silaturrahim dengan mengajak kedua orangtua peserta didik untuk belajar bersama di lapangan, karena selama ini jarang-jarang kedua orangtua membersamai anak-anak dalam belajar. Sedangkan kehadiran Damkar merupakan bentuk kerjasama untuk berbagi wawasan dan ilmu taktis penangan kebakaran.

Direktur Lembaga Logika Kids, Dwi Fitria Aini SPsi, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan hari ini merupakan perwujudan rasa syukur lembaga Logika Kids telah berusia 4 tahun. Dalam anniversary Logika Kids mengemas kegiatan family to gether, belajar sambil belajar sehingga hari yang hadir kedua orangtunya atau perkalilan.

Lebih lanjut, Bunda Win, panggilan akrabnya menjelaskan, “Pagi ini sangat spesial, orangtua belajar bersama dengan anak-anak di lapangan. Anak-anak langsung mempraktikan cara memadamkan api secara bergantian dan orangtua mengetahui dari mengatasi apabila kebocoran tangka gas LPG,” jelasnya.

Tim Damkar hadir berjumlah 6 orang siap berbagi ketrampilan cara memadamkan api dalam kebakaran. Lathif, salah satu anggota Damkar menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik ini dan menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Lembaga Logika Kids yang ke-4, semoga bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Sedangkan Misbachudin, anggota Damkar lainnya menyampaikan, “Mobil Damkar bertugas untuk memadamkan api dalam peristiwa kebakaran. Adapun panggilan darurat di nomor 113, sedangkan internasional 911. Pemadam dalam bertugas harus memperhatikan keselematan diri dengan menggunakan APD dan memperhatikan arah angin bertiup,” pungkasnya.

Setelah peserta didik praktik memadamkan api bergantian dan materi tips mengatasi kebocoran tangka gas LPG bagi orangtua. Jadwal yang ditunggu-tunggu anak-anak dan kedua orangtua tumpah-ruah bermain air yang disemprotkan mobil Damkar ke atas seperti hujan buatan. Luar biasa, seru, dan menyenangkan. Tidak terasa persediaan air di mobil Damkar habis, permainan pun berhenti dan kegiatan selesai.

Reporter: Efendy