Studi Tour SMPM Jipat Karangasem Lamongan Berbasis Implementasi P5

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan menyelenggarakan Study Tour berbasis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan selama dua hari (25-26/10/2023) dengan tujuan Kawasan Dieng Wonosobo dan Banjarnegara, serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Study Tour dan Implementasi P5 SMPM Jipat Karangasem diikuti 138 siswa dan 28 guru pendamping atau pembimbin, Hari pertama Rabu (25/10/2023) berkunjung di kawasan pegunungan Dieng Wonosobo menikmati keindahan sunrise (matahari terbit) dan potosport di area wisata, serta melihat secara langsung produksi olahan buah Carica.

Selanjutnya wisata history Candi Arjuna di Kawasan lereng Dieng Banjarnegara, di area candi siswa-siswi mendapatkan edukasi dari pemandu tentang sejarah berdirinya Candi Arjuna dan fungsi candi, serta tolerasi penduduk sekitas candi yang tetap menjaga kelestarian candi untuk tetap digunakan sebagai tempat beribadah dan upacara adat bagi penduduk yang beragama Hindu.

Pukul 10.00 WIB rombongan meningalkan area Candi Arjuna menuju kawasan wisata Kawah Kidang Banjarnegara. Siswa-siswi dan guru pendamping menikmati wisata eksplorasi alam berupa pemanfaatan pegunungan yang mengandung belerang. Acara selanjutnya menikmati tayangan tentang potensi kekayaan alam Dieng bagi kehidupanan manusia di ‘Dieng Plateau Theater’.

Agenda utama Study Tour dan Implentasi P5 di UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Mengenagah) pengolahan buah Carica CV Yuasa Food Dieng Wonosobo (sejenis papaya) khas pegunungan Dieng. Di sentra pengolahan Carica siswa-siswa didampingi guru masing-masing melihat secara langsung proses pembuatannya.

CV Yuasa Food Dieng Wonosobo berdiri sejak tahun 2021 sebagai sentra pengolahan buah Carica yang menampung 50 pekerja lokal. Produknya berupa manisan dan sirup Carica yang dijual di pasaran lokal, nasional, dan internasional (Thailan), hanya saat hantaman Covid-19 pasar ekspor ke Thailan berhenti.

Luthfiyah MPd, selaku ketua panitia Studi Tour SMPM Jipat, menjelaskan, “Setelah siswa-siswi memperoleh wawasan atau penjelasan tentang manfaat Carica dan menyaksikan langsung proses produksi. Siswa-siswi belanja produk olahan Carica dan bertanya, serta foto bersama di lokasi,” jelas guru mata pelajaran Matematika.

“Tugas siswa-siswi saat di sekolah melaporkan kegiatan di lokasi olahan Carica secara berkelompok dibimbing oleh guru yang ditugasi. Hari pertama anak-anak menikmati studi tour dengan senang dan gembira, semoga di hari kedua masih tetap semangat untuk menuju sentra Batik Benang Ratu di Yogyakarta,” pungkasnya.

Tahun Pelajaran 2023-2024 SMPM Jipat Karangasem mengadakan Studi Tour terkait dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sehingga kegiatan yang diselenggarakan memiliki relevasi. Sebelumnya siswa-siswi mendapatkan wawasan tentang beragam olahan buah untuk manisan di sekolah secara klasikal.

Kegiatan Studi Tour tidak hanya sekedar berwisata saja, tetapi mengandung muatan edukasi di luar kelas. Siswa-siswi mempunyai tanggungjawab melaporkan tertulis kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tema atau topik yang telah dibagi.

Reporter: Efendy