Sinergi Membangun Bangsa Uniba dan Undiksha Teken Kerjasama

Listen to this article

SINGARAJA lintasjatimnews.com – Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Undiksha menerima kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran serta Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi pada hari Jumat 17/02/2023.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari jalinan kerjasama yang telah terjalin erat antara Undiksha dengan UNIBA. Kunjungan yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen pendamping tersebut, disambut hangat oleh Dekan FHIS Undiksha, Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed., didampingi Wakil Dekan I FHIS, Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan III FHIS I Putu Ananda Citra, S.Pd., M.Sc. serta Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H.,L.L.M beserta staf Dosen dari Prodi PPKn serta Prodi Pendidikan Sejarah.

Acara KKL diawali dengan sambutan dari masing-masing Dekan yang diawali oleh Dekan FHIS, Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed. kemudian dilanjutkan dengan Dekan FKIP UNIBA, Dr. Agus Mursidi, M.Pd. Setelah acara sambutan tersebut, kegiatan terbagi menjadi 2 bagian di ruang yang terpisah. Kegiatan pertama, dilaksanakan Seminar dengan tema, “Implementasi MBKM dalam Mewujudkan Mahasiswa yang Handal dalam Dunia Kerja dan Dunia Industri”. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Seminar FHIS Undiksha.

Seminar ini diikuti oleh mahasiswa dari FKIP UNIBA dan mahasiswa dari FHIS Undiksha dengan didampingi oleh Narasumber yang merupakan salah satu dosen dari FHIS Undiksha, yaitu I Wayan Pardi S.Pd.M.Pd. Kegiatan ini berlangsung secara interaktif, dilihat dari antusias para peserta yang bertanya kepada Narasumber tentang kiat-kiat dalam mewujudkan mahasiswa yang handal dalam dunia kerja maupun dunia bisnis.

Pada tempat terpisah, yaitu di Ruang Kelas Internasional FHIS Undiksha, berlangsung kegiatan Sharing antar dosen terkait Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di FHIS Undiksha maupun di FKIP UNIBA. Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama antar Dekan FKIP UNIBA dengan Dekan FHIS Undiksha.

Tidak hanya itu sebagai penutup, para Dekan saling memberikan cendramata sebagai simbol adanya jalinan kerjasama antar kedua universitas tersebut.
Dalam akhir kunjungan KKL tersebut, para mahasiswa dan dosen FKIP UNIBA juga menyempatkan diri melakukan kunjungan ke Laboratorium Prodi PPKN dan Laboratorium Prodi Pendidikan Sejarah FHIS Undiksha. (Miska)

Rio & Tim