Karangtaruna Citra Lestari Desa Tunggul Adakan Kegiatan Bersih Pantai

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Karangtaruna Citra Lestari desa Tunggul didukung oleh pemerintahan desa bersama Rukun Nelayan, perguruan pencaksilat SH Terate, serta masyarat sekitar pantai Tunggul Wulung melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai. Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari, Senin 13/06/2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dan difokuskan di area wisata pantai Tunggul Wulung dan lokasi tambat labuh perahu-perahu nelayan tradisional warga desa Tunggul.

Khoirul Anwar, sekretaris karangtaruna Citra Lestari Tunggul pada saat pelaksanaan kegiatan menyampaikan kepada Lintas Jatim News bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memelihara kebersihan dan mengajak masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan secara umum.

“Pantai ini cukup banyak dikunjungi orang di pagi hari, mereka datang ke sini setelah shalat Subuh kemudian berendam di air laut yang bersih. Oleh sebab itu kami berusaha untuk menjaga kenyamanan para pengunjung dengan membersihkan sampah yang ada di sekitar lokasi pemandian terutama di sisi timur, yaitu di tempat perahu nelayan ditambatkan”, terang Khoirul Anwar.

Dia menambahkan bahwa sampah-sampah yang ada adalah didominasi sampah kiriman dari luar desa Tunggul melalui laut. Karena desa Tunggul sendiri sudah menyediakan tempat pembuangan akhir sampah (TPS), sehingga masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Senada dengan sekretaris karangtaruna, kepala desa Tunggul Drs. Mohammad Yasin menjelaskan jika lokasi wisata pantai Tunggul Wulung saat ini sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar terutama mereka yang ingin terapi air laut di pagi hari. Maka dari itu kondisi kebersihan pantai harus dijaga agar orang yang berkunjung merasa nyaman dan senang.

Mohammad Yasin juga menjelaskan jika dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan latihan militer di sekitar pantai desa Tunggul, sehingga diharapkan para prajurit yang latihan nantinya terkesan dengan kondisi pantai Tunggul Wulung. “InsyaAllah desa kami akan dijadikan sebagai tempat latihan militer, TNI, oleh sebab itu semoga dengan kegiatan bersih-bersih sore ini, pantai kami semakin nampak bersih dan indah”, demikian pungkasnya.

Johan Efendi, pengurus rayon PSHT Tunggul mengutarakan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan sore ini, menurutnya kegiatan bersih-bersih pantai kali ini sangat penting karena selain akan menjadikan lingkungan sekitar bersih dan nyaman juga sebagai moment untuk memberikan edukasi serta pembiasaan kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Anak-anak antusias dan merasa senang dengan kegiatan saat ini, mereka memungut sampah yang ada tanpa rasa canggung sama sekali, semoga mereka menjadi generasi yang benar-benar peduli dengan lingkungan mereka dimasa yang akan datang”, katanya.

Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam itu mendapatkan sampah berupa ranting kayu, plastik, pempers bayi, kemasan air mineral, dan lain sebagainya. Akumulasi sampah yang terkumpul adalah tiga mobil pickup yang mana sampah tersebut langsung dibawa ke tempat pembuangan sampah desa.

Reporter: Winarto