PWI Lamongan Adakan Bakti Sosial

Listen to this article

LAMONGAN (lintasjatimnews) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan mengadakan bakti sosial berkerjasama dengan Pemkab Lamongan bertempat di Pendopo Kecamatan Sekaran, Senin 18/10/2021

Ketua PWI Kabupaten Lamongan Bahtiar Febrianto mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan bakti sosial pertama yang dilakukan PWI Lamongan di bidang sosial ekonomi di tahun 2021.

Lanjutnya, bakti sosial ini merupakan ide yang keluar dari adanya keluhan pelaku UMKM karena belum bisa melakukan pemasaran keluar daerah karena belum memiliki SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga) 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program kebangkitan perekonomian masyarakat paska pandemi Covid 19 dengan pengurusan SPP-IRT.

Ia menambahkan, jika kegiatan ini juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa wartawan yang benar itu adalah yang bermanfaat untuk masyarakat. 

“Bukan malah merugikan atau menakut-nakuti masyarakat”, jelas alumni pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Malang ini

Kegiatan Baksos PWI ini melibatkan 15 orang dari media cetak, TV maupun media online yang tergabung dalam PWI Kabupaten Lamongan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh PWI Kabupaten Lamongan ini

Menurutnya, edukasi terhadap masyarakat pelaku usaha untuk memperoleh SPP-IRT ini sangat penting. Karena dengan kepemilikan SPP-IRT masyarakat dapat lebih leluasa memperluas jangkauan pemasaran produk.

“Terkait SPP-IRT ini akan terus kami kembangkan, karena dengan kepemilikannya mereka bisa berjualan di luar daerah, online, bisa memasukkan ke oko-toko waralaba, dan sebagainya”, jelas Doktor alumni Unbra Malang ini

Lanjutnya, manfaatnya sangat besar sekali bagi UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan. Karena sebagai kunci untuk mendongkrak omset pemasaran. 

“Dinas terkait segera menyusun strategi untuk memudahkan kepengurusan SPP-IRT bagi masyarakat pelaku usaha di Kabupaten Lamongan”, harap mantan Sekda ini

Selanjutnya akan dilaksanakan gerakan, baik oleh dinas, atau bahkan akan dibantu Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan untuk mempercepat SPP-IRT ini agar dimiliki oleh seluruh masyarakat Lamongan.

“Agar masyarakat lebih percaya diri dalam peningkatan kualitas produksi dan kualitas pemasaran”, pungkasnya  (Fathurrahim Syuhadi)