Puskesmas Masalembu, Krisis Alat – Alat Kesehatan

Listen to this article

SUMENEP (lintasjatimnews) – Terkait alat dan kesehatan kesehatan, kecamatan Masalemnu, Sumenep, Madura, Jawa Timur hingga kini masih belum maksimal, (17/10/2021).

Hasil pantauan dan penelusuran lintasjatimnews.com, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Masalembu hingga kini dinilai masih kurang atau krisis alat – alat kesehatan yang bisa menunjang pemenuhan hal tersebut. 

Basri warga masalembu menuturkan, ” Ini kepulauan yang begitu jauh dengan daratan. Jadi beda posisi dengan para Puskesmas yang berada didaratan, kalau didaratan rujukannya lebih mudah dan terjangkau “.

Jangkauan yang tidak begitu mudah, mengarungi samudra dan melewati ombak yang begitu mengerikan untuk menuju sembuah daratan kabupaten Sumenep, itulah letak geografis kepulauan yang disebut Masalembu.

“Pembangunan gedung puskesmas baru di Masalembu dengan anggaran miliaran rupiah bukan solusi yang tepat untuk menunjang pemenuhan kebutuhan para pasien dengan maksimal. Kebutuhan sekunder untuk puskesmas di Masalembu ini adalah Alkes yang memadai “.

Sangat miris sekali jika banyak melihat para pasien harus dirujuk ke daratan, mencari perahu se adanya dan menunggu kapal berminggu – minggu agar sampai kedaratan, ini artinya bahwa alat – alat kesehatan di Masalembu sangat kritis dan tidak memadai. Harus ada pengecualian tentang Alkes tersebut antara daratan dan kepulauan, dan wajib menjadi prioritas pemerintah. (Hsn)