Indonesia Merdeka 78 Tahun , Warga Kepulauan Kalukuang Sulsel Krisis Listrik

Listen to this article

PANGKAJANE lintasjatimnews.com – Warga Kepulauan Kalukalukuang masih diliputi kegelapan. Masyarakat pulau yang berada di wilayah Kelurahan Kalu-Kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas, Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan itu mengeluh belum tersentuh pembangunan setelah 78 Tahun Indonesia merdeka. Di sana belum ada fasilitas listrik negara.

Masalah krisis listrik paling parah di RK 3 dan RK 4, mereka menggunakan AKI sebagai sumber daya listrik untuk penerangan. Ditambah lagi jaringan komunikasi yang tidak memadai membuat warga kepulauan Kalukuang merasa semakin terisolir dari hiruk pikuk kehidupan.

“Cuma ini ketinggalan Kelurahan Kalu-Kalukuang Kecamatan Kamas pak, belum ada listrik. Cuma yang ada di RW 1 dan 2 tapi itu tenaga Suria raksasa aja pak,” kata As tokoh warga setempat.

Warga berharap ada perhatian dari pemerintah pusat dan daerah, untuk menghilangkan kegelapan dari rumah-rumah warga.

“Kalau di daerahku RK 3 dan RK 4 belum ada, sementara pake aki pak,’ tukas As.

As menuturkan, didaerahnya pernah mesin pembangkit listrik tenaga diesel, tapi sudah puluhan tahun, masalahnya warga tidak mampu membayar biaya perbaikan, selain itu kata warga bahan bakarnya mahal, sehingga mesin itu hanya teronggok hingga kini.

Senada dengan As, Abdul Jabbar (64) tahun, Sesepuh kampung di sana, dia mengatakan sudah lama tidak ada penerangan. Aktivitas pembelajaran, komunikasi dan produksi terhambat.

“Sudalama di sini kapu RW 3 krisis listrik sekitar 9 tahun dulu ada bantuan mesin lampu suda rusak,” pungkasnya.

Reporter: ahmad