Gerakan Pramuka Kwarcab Lamongan Gelar Rapat Kerja

Dengarkan beritanya .

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Mengusung tema “Menguatkan Gugus Depan Menuju Pramuka Produktif” Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lamongan menyelenggarakan rapat kerja bertempat di Pendopo Lokatantra, Rabu, (21/02/2024)

Seremonial Pembukaan Rakercab diawali menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Jayalah Pramuka, dan Mars Kabupaten Lamongan kemudian dilanjutkan sambutan- sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Kwarcab Lamongan, Kakak Mohammad Nalikan.

Dalam sambutannya Kakak Nalikan mengungkapkan.bahwa dasar diselenggarakannya Rapat Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lamongan di antaranya 1) Undang-Undang no. 12 tentang Gerakan Pramuka, 2) Keputusan Munas ke-9 Gerakan Pramuka tahun 2013 tentang AD/ART Gerakan.Pramuka, 3) Keputuskan Munas Gerakan Pramuka ke-10 tahun 2018 tentang rencana strategis Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dan 4) program.kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lamongan tahun 2024.

Selanjutnya Kakak Nalikan melaporkan bahwa Rakercab diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari 50 orang pengurus dan andalan cabang, 54 orang ketua dan sekretaris Kwaran, 47 orang korps pelatih dan panitia, 17 orang anggota DKC (Dewan Kerja Cabang), 27 orang satuan dewan kerja ranting, dan 6 orang utusan satuan komunitas Kwarcab.

Rakercab Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan tahun 2024 dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2023, menyusun program kerja tahun 2024, menerima usul dan saran serta menginventarisasi hal-hal penting yang terkait pembinaan pramuka di Kabupaten Lamongan, juga memberikan berbagai informasi terbaru tentang gerakan pramuka.

Di ujung sambutannya Kakak Nalikan, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kakak Kamabicab Gerakan Pramuka Lamongan yang berkenan hadir memberikan sambutan pengarahan serta membuka secara resmi pelaksanaan Rakercab Gerakan Pramuka Lamongan tahun 2024.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) yang juga menjabat sebagai Bupati Lamongan Kakak Yuhronur Efendi berterima kasih atas terselenggaranya rapat kerja cabang Gerakan Pramuka Lamongan. Menurut beliau, dengan Rakercab ini menunjukkan bahwa Pramuka Lamongan kegiatannya telah dan masih berjalan dengan baik, organisasinya hidup dan dinamis, sehingga harus terus bergerak maju ke depan untuk kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

Gerakan Pramuka di Lamongan tahun ini harus merencanakan kegiatan yang visioner dan tentu harus memberikan makna bagi anggota Pramuka Lamongan

Bupati Lamongan menuturkan, bahwa pelaksanaan kegiatan kepramukaan tahun 2024 harus visioner dan semarak. Salah satunya harus menambah kuantitas kegiatan Pramuka serta meningkatkan kualitasnya.

Semarak keberagaman kegiatan Pramuka diyakini akan menumbuhkan karakter generasi bangsa. Karena dalam kegiatan Pramuka diajarkan budi pekerti, kekuatan mental, satya, dan dharma, jelas Kamabicab, yang akrab dipanggil Kak YES.

Bagian akhir sambutannya, Kak Yes yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lamongan, menyatakan akan memberikan hadiah atau penghargaan kepada Pramuka Garuda yang berprestasi, yakni berupa tiket mengikuti kegiatan kepramukaan tingkat Asia. Agar pengetahuan kepramukaan Lamongan semakin berkembang.

Pembukaan Rakercab Gerakan Pramuka Lamongan diakhiri dengan menyanyikan Hymne Pramuka dan pembacaan Doa.

Reporter M Said