Ketua dan Sekretaris OSIS SMP Negeri Sekabupaten Lamongan Dilatih di Hotel Royal View Tretes

Listen to this article

PASURUAN lintasjatimnews.com – Bertempat di Hotel Royal View, Tretes, selama dua ketua dan sekretaris OSIS SMP Negeri sekabupaten Lamongan mendapatkan pengalaman kepemimpinan dan organisasi dalam Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Siswa (LDKMS). Kegiatan LDKMS ditututup secara resmi oleh ketua MKKS SMP Negeri kabupaten Lamongan, Drs. Muhammad Munir, M.Pd, Rabu (27/09.2023).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 96 siswa yang menjabat sebagai Ketua dan Sekretaris OSIS dari 48 SMP Negeri sekabupaten Lamongan. Selama dua hari peserta menerima materi keorganisasian, kepemimpinan, pelatihan menyusun program kerja, dan outbond kepemimpinan.

Kegiatan LDKMS ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, M.M yang disertai oleh Kabid GTK, Sri Utamai, S.Pd., M.Pd. dan Koordinator Pengawas, Drs. Jumaidi, M.Pd. Kepala Dinas Pendidikan memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan LDKMS. Dalam sambutannya Munif membawakan dua bait pantun, salah satunya pantun berikut.
Buah Nangka buah manggis
Siswa-siswa Lamongan datang ke sini
Nggak nyangka anak OSIS banyak yang manis

Selanjutnya, Munif memberikan ucapan selamat kepada anak-anak peserta LDKMS yang telah dipercaya sebagai ketua dan sekretaris OSIS. Anak-anak yang menjabat ketua dan sekretaris OSIS adalah yang beruntung dari ribuan siswa SMP di kabupaten Lamongan karena tidak semua mendapatkan kesempatan seperti kalian, ungkap Munif.

Lebih lanjut Munif berpesan kepada anak-anak bahwa kalian semua yang ada di ruangan ini akan mendapatkan pembekalan keorganisasian dan kepemimpinan, maka ikutilah dengan baik dan disiplin agar anak-anak bisa menerapkan di sekolah masing-masing setelah dari kegiatan LDKMS ini.

Ditemui awak LintasJatimNews.com salah satu peserta, Alena Dhmas Githa Meida, Sekretris OSIS SMP Negeri 1 Laren mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat senang mengikuti kegiatan LDKMS ini. Alena juga mengungkapkan dengan.mengikuti kegiatan LDKMS dirinya mendapatkan banyak sekali teman baru, pengalaman, dan lingkungan baru. Lebih lanjut Alena berharap dengan kegiatan LDKMS ini dirinya sebagai sekretaris OSIS akan bisa lebih percaya diri, berani, dan tentu lebih bertanggung jawab.

Kepala SMP Negeri 1 Laren M Said SPd MPd yang sekaligus sebagai Panitia Seksi Dokumentasi menjelaskan bahwa kegiatan LDKMS OSIS sekabupaten Lamongan dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu, 26-27 September 2023. Peserta telah menerima materi pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi, antara lain Struktur Organisasi OSIS, Motivasi Berorganisasi, Kepemimpinan OSIS, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Penyusunan Program Kerja, Networking OSIS serta Dinamika Kelompk dan Outbond Kepemimpinan

Setelah sesi acara penutupan para peserta berjabat tangan dengan para panitia yang sekaligus para pejabat Kepala SMP Negeri serta berjabat tangan sesama peserta. Mereka terlihat haru dan ada yang sempat meneteskan air mata: air mata sedih maupun air mata bahagia. Sedih karena akan segera berpisah dengan sesame ketua dan sekretaris OSIS bahagia karena telah mendapatkan bekal kepemimpinan OSIS.

Reporter: M. Said