SMPM 14 Jipat Karangasem Paciran Juara Bina LKBB Jawa Timur

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Pondok Pesantren Karangasem Paciran, Lamongan meraih gelar Juara III Bina dalam Lomba Kreasi Baris Berbaris (LKBB) tingkat SLTP (SMP/MTs) se Jawa Timur 2023. Hari Sabtu (20/5/2023).

Kegiatan LKBB diselenggarakan Club Pakibra SMA Muhammadiyah 4 Surabaya yang ditempatkan di Jalan Kemlaten Baru No. 41-43 Surabaya. Adapun tema kegiatan “Ajang Kreativitas Pembaris Muda Indonesia” (ASEAN) Season II. Peserta berasal dari Club/Tim Paskibra satuan pendidikan SMP/MTs negeri dan swasta se Jawa Timur.

Berdasarkan uraian dalam proposal lomba dan saat acara technical meeting yang diselenggarakan panitia LKBB SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dan ditaati, di antaranya sebagai berikut:

  1. Peserta adalah pelajar SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat se-Jawa Timur;
  2. Peserta wajib mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran;
  3. Jumlah anggota inti dari setiap peleton wajib 12 orang dan 1 (satu) orang Komandan Peleton (Danton);
  4. Peserta harus didampingi oleh Pembina atau Pelatih;
  5. Data pasukan harus sesuai dengan formulir pendaftaran dan surat rekomendasi/tugas dari masing-masing sekolah;
  6. Dan ketentuan-ketentuan lainya yang ditetapkan panitia penyelenggara.

PBB, variasi, dan formasi yang dinilai terdiri dari; Gerakan Berkumpul, Variasi, Gerakan di Tempat, Gerakan Berpindah Tempat, Gerakan Berjalan Ke Berjalan, Formasi, dan Gerakan Tambahan. Sedangkan prosentase penilaian meliputi; Nilai Variasi 15%, Nilai Formasi 15%, Nilai PBB 60%, dan Nilai Danton 10%.

Tim Paskibra Pascendra SMPM Jipat Karangasem mendapatkan udian nomor urut 27 di antara 37 tim peserta yang berpartisipasi. Tampil dengan motivasi dan keyakinan yang tinggi di hadapan juri, panitia, pelatih, pembina, dan peserta mendapatkan sambutan meriah dari penonton yang hadir di lapangan.

Pelatih ekstrakurikuler Paskibra SMPM Jipat, Kurniawan Willy Yanto, mengatakan kepada reporter lintasjatimnews.com, “Peserta LKBB diselenggarakan SMA Muhammadiyah 4 Surabaya dari sekolah/madrasah favorit se Jawa Timur yang berjumlah 37 tim,” jelas Cak Willy, sapaan akrabnya.

“Perjungan LKBB kali ini sangat berat karena harus bersaing dengan tim Paskibra terbaik se Jawa Timur. Alhamdulillah Tim Paskibra Pascendra SMPM Jipat Karangasem tampil dengan kompak dan penuh semangat sehingga mengukir prestasi Juara III katagori Bina. Terima kasih kepada seluruh civitas akademika SMPM Jipat yang telah memberikan doa dan motivasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMPM Jipat, Hj Siti Muthohiroh, M.Pd., mengatakan, “Persiapan dan latihan tim Pascendra cukup singkat karena setelah liburan panjang. Sebagian siswa ada yang kelas IX sehingga harus dipanggil lagi ke sekolah untuk merapat dan belatih lebih giat dan sunggu-sungguh,” ujarnya.

“Alhamdulllah, ternyata hasilnya sangat mengembirakan bagi tim dan lembaga. Saya menyampaikan terima kasih kepada anak-anak, Cak Willy selaku pembina, kedua orangtua, dan warga sekolah yang telah memberikan doa terbaiknya sehingga tim Pascendra SMPM Jipat membawa pulang prestasi sebagai Juara III LKBB se Jawa Timur 2023,” pungkasnya.

Atas prestasi yang diraih tim Pascendra SMPM Jipat Karangasem Paciran Lamongan berhak mendapatkan piala tetap dan sertifikat penghargaan. Selamat dan sukses SMPM Jipat Karangasem.

Reporter: Efendy