SMA Tiga Rasa Diungkap dalam Wisuda Purnawiyata SMA Muhammadiyah 09 Sedayulawas, Brondong

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMA Muhammadiyah 09 (SMAM 09) Sedayulawas, Brondong merupakan SMA Swasta dengan Tiga Rasa. Hal tersebut diungkap Kepala SMAM 09, Fazlur Rahman, S.Pd., M.Pd dalam pidato sambutannya dalam acara Wisuda Purnawiyata Tahun Pelajaran 2022/2023, Sabtu, (20/05/2023).

Fazlur memaparkan bahwa tiga rasa SMA Muhammadiyah 09, yang pertama adalah SMA rasa SMA, yaitu program utama SMA Muhammadiyah 09 adalah mengantarkan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki.

Kedua, SMA rasa SMK, yaitu SMA Muhammadiyah 09 menerapkan SMA Double Track. SMA doble track memberikan bekal tambahan bagi peserta didik berupa keterampilan vokasional atau life skill (keterampilan kecakapan hidup). Tiga keterampilan tambahan yang diberikan berupa program multimedia desain grafis, tataboboga, dan tatabsana.

Yang ketiga, SMA rasa Pesantren. SMAM 09 memberikan pembelajaran agama Islam secara seimbang dan terintegrasi. Pembelajaran Agama Islam dilaksanakan dalam kegiatan interakurikuler, kokurkuler, dan ekstrakurikuler. Pendalamanan ke-Islaman maupun praktik Ibadah dan muamalah dilaksanakan terintegrasi dan seimbang. SMAM 09 juga memberikan perhatian pada anak-anak yang punya pontensi tahfidz Quran dengan memberikan penghargaan bagi peserta didik yang yang hafal dalam satu juz, dan setiap tambahan hafal satu juz diberi penghargaan khusus. SMAM 09 juga mebuka kelas pondok yang bekerjasama dengan Pondok Al.Manar, Sedayu Lawas, Brondong.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Fazlur berpesan kepada 138 peserta didik yang akan diwisuda, “Setelah kalian kami lepas dari almater ini, tolong jangan tinggalkan shalat lima waktu, terutama anak-anak putra, laksanakan salat ima waktu tepat waktu dan berjamaah di masjid atau musolla terdekat. Buka dan baca alqur’an setiap hari meskipun hanya satu mikrak atau satu lembar mushab Al-Qur’an.”

Wisuda Purnawiyata SMAM 09 Sedayulawas juga dihadiri Ketua LPP PWM (Lembaga Pengembangan Pesantren Pimpinan Wilayah Muhammadiyah) Jawa Timur, Dr. Pradana Boy Zulianto Thobibul Fatah, S.Ag., M.A., Ph.D. yang jiga memberikan ceramah atau orasi pendidikan. Hadir pula dan memberikan sambutan, Dra. Lisnuk, M.Pd. Pengawas Pembina Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupetn Lamongan

Para pejabat pemerintah dan persyarikan Muhammadiyah juga hadir ikut menyakskan wisuda purnawiyata, antara lain Sekretaris Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah Lamongan, jajaran Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Brondong serta ortom lainnya, Sekcam dan Danramil Kecamatan Barondong, Kepala Desa Sedayulawas beserta jajarannya, serta para wali siswa kelas 9 dan undangan lainnya.

Wisuda Purnawiyata SMAM 09 Sedayulawas merupakan wisuda yang ke-35. Acaranya dimulai pukul 08,00 dengan diawali dan diselingi penampilan kreasi seni peserta didik SMA Muhammadiyah 09, antara lain band, paduan suara, pembacaan puisi, atraksi tapak suci putra Muhammadiyah, peragaan busana karya siswa, dan lain-lain. Puncak acara adalah prosesei wisuda purnawiyata dan berakhir pada pukul 13.00.

Reporter: M. Said