Ketua PCM Babat Sampaikan K2L Di Purnasiswa SMK Muhlibat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMK Muhammadiyah 5 Babat (Muhlibat) Lamongan adakan Wisuda Purnasiswa angkatan Ke-30 kegiatan berlangsung di Halaman Kampus 1 Jl Rumah sakit 15 Babat Lamongan, Sabtu (20/5/23)

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Babat KH Drs Abdul Ghofar MM dalam pengajian Iftitahnya mengatakan, proyeksi yang di butuhkan abad 21 meliputi Karakter, Kompetisi dan Literasi.

Lebih lanjut Ustadz Ghofar menguraikan tentang apa itu Karakter, Kompetisi serta literasi

  1. Karakter berkaitan erat dengan individu. Setiap manusia memiliki karakternya masing-masing yang membedakan satu dengan lainnya. Karakter seseorang tercermin dari cara mereka berperilaku atau bersikap.

“Karakter dapat bermanfaat dalam berbagai ranah kehidupan. Semisal dalam bersosial, di mana tak sedikit orang memilih untuk berteman dengan orang lainnya yang memiliki karakter yang cocok dengan mereka”. ungkapnya.

  1. Kompetisi suatu pertandingan untuk merebut kejuaraan. Dalam sebuah kompetisi adalah ada pihak yang kalah dan ada pihak yang menang. Ini yang membuat kompetisi bisa memberikan dampak positif dan bisa memberikan dampak negatif.

Kompetisi harus dilakukan dengan cara yang sehat. Itu artinya, kompetisi menjadi persaingan yang tidak disertai dengan kecurangan tetapi keadilan. Tidak menempuh cara-cara yang instan dan merugikan lawan.

  1. Literasi seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, lanjutnya “Literasi sebenarnya memiliki pemahaman yang lebih kompleks dan dinamis, tidak hanya dipahami sebagai kemampuan baca dan menulis” tapi lebih luas lagi. pungkasnya

Reporter Qomari