Layanan Paspor Keliling Mudahkan Kepentingan Warga Sidoarjo

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews – Tingkat kesibukan warga Sidoarjo yang begitu tinggi, membuat Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) pemerintah kabupaten Sidoarjo dan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi ( TPI) Surabaya membuat terobosan bagus dengan layanan pembuatan paspor jemput bola. Yaitu, dengan mobil keliling.

Pelayanan paspor dengan mobil keliling ini resmi dilaunching di Pondok Pesantren Modern Al Amanah,Junwangi, Krian Sidoarjo, Jumat (22/10/2021).

Hadir dalam launching tersebut. Yaitu, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor,KH. Nurcholis Misbah ( pengasuh pondok pesantren) , Chicco A Muttaqin Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya, Febby W Suyuti Humas Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Surabaya,Ari Suryono Kepala Dinas DPMPTSP,dan stakeholder terkait lainnya. Layanan ini akan dijadwalkan keliling di seluruh kecamatan Sidoarjo. Dengan tujuan memudahkan masyarakat Sidoarjo yang membutuhkan pelayanan paspor. Mobil layanan ini dijadwalkan keliling tiap Sabtu Minggu.

Gus Muhdlor mengatakan, layanan ini merupakan terobosan dalam hal pelayanan publik. Yang kebetulan dilaunching bertepatan dengan hari santri. ” Sesuai dengan tema hari santri. Yaitu,siaga jiwa raga, termasuk siaga layanan publik,” ujarnya saat di hadapan awak media.

Harapannya, lanjut ia, dengan layanan yang menyisir kecamatan kecamatan,bisa membantu masyarakat yang masih awam dengan ketentuan terkait mengurus paspor.

“Akselerasi layanan sampai tingkat bawah ini,bisa menekan calo calo,” urainya

Di kesempatan yang sama, Chicco mengatakan jika layanan ini akan mempercepat proses pelayanan paspor. Akses warga terhadap penerbitan dan penggantian paspor akan semakin mudah.

“Harapannya dalam sehari kita bisa melayani sekitar 20-50 orang,” ujarnya (Budi)