KKP Siapkan Sembilan Program untuk Pulau Lusi

Listen to this article

SIDOARJO (lintasjatimnews) – Pulau Lusi (Lumpur Sidoarjo) yang terletak di dekat muara sungai Porong. Dan merupakan pulau yang terbentuk dari endapan semburan lumpur panas Lapindo.

Mendapat kunjungan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia( KKP),Sakti Wahyu Trenggono, Selasa (19/10/2021).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut. Yaitu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, beserta steakholder terkait.

Dalam kunjungannya ini Wahyu Trenggono meminta agar pulau Lusi ditanami pohon Cemara laut dan Mangrove yang banyak. Agar rindang.Juga ditebar ikan dan kepiting yang banyak. Sehingga menjadi tempat ekosistem baru. Ia juga menyiapkan sembilan program untuk pulau Lusi.

Dan pengerjaannya dimulai tahun depan. Yaitu: pembangunan serambi, taman utama, taman lumpur, infrastruktur (listrik,air bersih, sampah,menara BTS), perairan buatan, taman wanamina, taman botani,taman konvensi,dan eco sport resort.

Terpisah, Emil Dardak juga mendorong agar pulau Lusi ke depan menjadi tempat konservasi alam. Selain menjadi destinasi wisata.

“Selama ini pengelolaan wisata pulau Lusi atau wisata bahari tlocor dikelola dengan cara swadaya masyarakat, melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis),” ujarnya

Sedangkan Ahmad Muhdlor menyatakan kesiapannya jika KKP menyerahkan pengelolaan pulau Lusi ke Sidoarjo. Sebab, pulau Lusi adalah salah satu destinasi wisata andalan kabupaten Sidoarjo. 

Seperti diketahui pengelolaan pulau Lusi merupakan kewenangan kementerian kelautan dan perikanan (KKP). (Budi)