Kadin Gresik Adakan Workshop Kemasan Produk dan Labeling

Listen to this article

GRESIK (lintasjatimnews) – Untuk memberdayakan UMK ( usaha mikro kecil) yang ada di kota pudak. Kadin Gresik bersinergi dengan CPM( citra pengusaha mandiri) mengadakan workshop terkait kemasan produk yang menarik dan Labeling.

 Turut hadir, dalam acara tersebut antara lain,Riris komite tetap Kadin bidang pemasaran yang juga owner bebek Selem,

I Made Agus Budiono,wakil ketua bidang organisasi dan keanggotaan Kadin,Eddy Purwanto, wakil ketua bidang koperasi dan UMKM Kadin ,Berrylianti Ariesta Eldoris dari CPM Gresik,yang mempersiapkan sarana dan prasarana. Dan konsultan dari workshop tersebut.

Jumlah peserta yang datang mencapai 35 pengusaha mikro kecil,dari berbagai bidang. Antara lain,Mamin, Kuliner,Craft, Fashion dll. 

” Harapan kami dengan gelaran workshop ini bisa mendorong UMK go online,go export,go modern,UMK naik kelas,” ujar I Made Agus Budiono,Kamis( 23/09).

Ia mengatakan,Kadin berupaya untuk mendampingi UMK sampai bisa go export.

” Kita akan bantu dari sisi kemasan, legalitas, packaging, kapasitas produksi. Gratis,” jelasnya.

Ia memaparkan terkait Lebeling Produk ada 7 item, yaitu: Nama atau Brand Produk,Info tentang berat produk,Info tentang produsen dan distributor,Pencantuman komposisi bahan,Legalitas Produk,Masa berlaku produk, dan Kode produksi. Dari ketujuh hal tersebut , lanjut ia, harus diperhatikan jika memang mau bisa bersaing di pasaran.

Sedangkan Eddy Purwanto, memaparkan fungsi kemasan produk,yaitu: untuk melindungi produk, mewadahi produk, promosi, dan komunikasi ( memberi tahu konsumen). Tak lupa ia juga memaparkan bagaimana menyegel produk memakai peralatan yang sederhana.

Terpisah, Firdaus ketua FKWD( forum komunitas wirausaha Gresik) mengaku senang dengan kegiatan kegiatan yang dipelopori oleh Kadin. Yang bisa membantu UMK mengenal kemasan menarik agar mereka naik kelas.

Salah satu peserta,dari Jalan Sunan Giri Gresik,Ahmad Khusaeri,yang punya produk minuman 70ves coffe, mengaku senang dengan workshop ini,ia ingin belajar konsep pemasaran ,dan penjualannya bisa tampil di marketplace. (Budi)