Gandeng Pemprov, UNESA Buka Beasiswa Penuh S-1 PLB Bagi Putra Putri Kaltim

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews) – Dalam rangka mendorong pembangunan daerah yang ramah disabilitas, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) untuk menyiapkan guru luar biasa di daerah yang digadang-gadangkan jadi lokasi ibu kota baru Indonesia itu. (11/08/2021).

Salah satu bentuk realisasi kerja sama tersebut yakni penyediaan beasiswa khusus program studi S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) di UNESA untuk putra dan putri Kaltim yang belum kuliah dan memiliki minat dalam mendidik anak berkebutuhan khusus.

Kepala Satuan Admisi UNESA Dr. Sukarmin, M.Pd., menjelaskan bahwa beasiswa S-1 PLB tersebut yakni berupa pembebasan uang kuliah tunggal (UKT) selama delapan semester dan bebas sumbangan pengembangan institusi (SPI) atau uang gedung. Selain itu, penerima beasiswa juga mendapatkan bantuan biaya hidup setiap bulan sebanyak Rp 1.500.000 selama delapan semester.

Sukarmin menambahkan bahwa masa pendaftaran program beasiswa itu sudah dibuka pada 03-12 Agustus 2021. Adapun syarat pendaftarannya yakni, warga Kalimantan Timur yang dibuktikan dengan KK, lulus SMA/sederajat, mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi serta mengunggah dokumen di laman http://pmb.unesa.ac.id. Tahapan seleksi akan dilaksanakan pada 14 Agustus 2021 dan hasilnya diumumkan pada 16 Agustus 2021.

“Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman di atas atau media sosial official Unesa,” ujarnya.

Kerja sama antara UNESA dan Pemprov Kaltim mencakup beberapa bidang dan untuk guru PLB ini sudah memasuki tahun kedua terhitung sejak awal penandatanganan MoU.

Tujuan kerja sama itu salah satunya yakni untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan layanan pendidikan yang bermutu menuju Kaltim yang maju dan unggul.

“Semoga kolaborasi ini bisa menjadi ikhtiar kita bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, SDM dan mendorong pembangunan daerah di Kaltim,” ujar Rektor Unesa. (Nafhisa/Humas Unesa)