Warga Pesisir Desa Kalanganyar Antusias ikuti Vaksinasi

Listen to this article

SIDOARJO (lintasjatimnews.com) – Warga Pesisir Tambak Kalanganyar,Sedati, Sidoarjo tampak antusias mengikuti vaksinasi yang digelar ikatan keluarga alumni universitas Airlangga (IKA Unair) di Balai Desa Kalanganyar, Sabtu (24/07/2021)

Vaksinasi di Kalanganyar ini merupakan tahap kedua, program Jelajah kampung dan pesisir yang digelar IKA Unair. Tahap pertama sudah dilakukan di kawasan Sidosermo Surabaya.

Tampak Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua IKA Unair,hadir langsung meninjau proses vaksinasi.

“Target vaksinasi di daerah pesisir seperti Kalanganyar ini, karena kami melihat penyerapan untuk vaksinasi cukup rendah,” ujar Yunus E Nus, Ketua panitia vaksinasi Kalanganyar dari IKA Unair kepada Lintas Jatim News

Pada vaksinasi dosis pertama kali ini, lanjut ia,tersedia 1200 dosis vaksin Sinovac. Adapun rincian nya:

600 vaksin untuk masyarakat desa Kalanganyar,100 vaksin untuk warga Buncitan/ Cemandi, 300 vaksin untuk alumni, mahasiswa Unair,dan sisanya untuk mahasiswa maupun keluarga mahasiswa.

Yunus mengatakan,kegiatan vaksinasi yang dilakukan IKA Unair ini , tentunya disupport oleh dinas kesehatan provinsi,dinas kesehatan kabupaten Sidoarjo, puskesmas Sedati, pemerintah Desa Kalanganyar,Linmas,dan stakeholder lainnya.

Untuk tenaga kesehatan dalam vaksinasi ini salah satunya diambil dari fakultas kedokteran Unair

Dan rencananya 28 hari lagi akan dilakukan vaksinasi dosis kedua di Desa Kalanganyar. 

“Para penerima vaksin di-screening terlebih dahulu agar lolos vaksinasi, seperti tensi, riwayat penyakit. Kalau tensi nya tinggi tentu kita tolak. Penerima vaksin akan kita observasi 15-20 menit setelah divaksin ,baru boleh pulang,” tutupnya (budi)