Kualitas Proposal PKM Terus Dimatangkan

Dengarkan beritanya .

BANGKALAN (lintasjatimnews.com) – Universitas Trunojoyo Madura menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) via zoom tahun 2020 dari pukul 09:00 sampai pukul 12:00 WIB, pada hari Kamis (24/09/2020).

Untuk memberikan bimbingan dan pendampingan mahasiswa dalam penulisan proposal PKM, sehingga menghasilkan proposal yang lebih berkualitas. 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas penulisan proposal PKM dan mengetahui bagaimana tips and tricks agar sukses dalam PKM dan Pimnas. Narasumber yang diundang sebagai pemberi materi adalah Dr.Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc, DERT dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya dan Sukinah, S.Pd.,M.Pd. dari UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) dan sebagai Moderator adalah M.Boy S. Gitayuda, S.E.,M.M. dan sebagai Ketua Panitia Mahrus Khoirul Umami, S.T., M.Sc, PhD. Dalam acara pelatihan ini dihadiri 253 mahasiswa via zoom dari Universitas Trunojoyo Madura yang telah lolos seleksi Proposal PKM Tingkat Fakultas. Disamping itu diikuti oleh 30 dosen pendamping via zoom dan 50 orang via youtube.

Kreativitas mahasiswa merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). 

Terdapat beberapa jenis PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), yaitu : 

PKM 5 Bidang, yaitu : PKM Penelitian  (PKM-P), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC). PKM Karya Tulis, yaitu : PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI). Selain itu, juga ada PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

Untuk membekali mahasiswa dalam menghasilkan karya PKM yang baik, perlu proses bimbingan dan pendampingan Penulisan Proposal PKM berbasis pada Creative Thinking, Critical Thinking dan HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui ketentuan dan syarat pengajuan PKM 2020 bagi mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, mengetahui format dan tata tulis PKM Tahun 2020, mengetahui tips and tricks lolos Pimnas PKM tahun 2020, meningkatkan kualitas proposal PKM tahun 2020, meningkatkan kuantitas PKM 2020 yang didanai oleh Dikti.  

Hal yang harus diperhatikan dalam membangun PKM adalah harus memiliki pedoman PKM terlebih dahulu, menentukan jenis PKM yang ingin dibuat, menentukan ide atau gagasan yang ingin dibuat, mencari informasi atau bahan pendukung yang dibutuhkan untuk membuat produk tersebut.

Misalnya : referensi jurnal nasional dan internasional, textbook, mencari contoh PKM yang telah lolos didanai Dikti, mencari dosen pembimbing dan anggota memiliki jurusan yang berkaitan dengan judul yang dibuat (harus ada 1 anggota yang berbeda angkatan), proposal dikonsultasikan dengan dosen pembimbing, serta melakukan pengecekan ulang proposal jangan sampai salah kamar (salah pilih skema PKM).

Terkait hal ini, Wakil Rektor III Universitas Trunojoyo Madura Agung Ali Fahmi, S.H., M.H., menyatakan tengah merintis adanya lembaga yang khusus menangani pembinaan PKM sehingga kualitas PKM menjadi lebih baik. Selain itu, dengan dukungan para dosen Universitas Trunojoyo Madura, keberadaan lembaga ini diharapkan mampu mendorong lebih banyak mahasiswa dari salah satu kampus negeri kebanggaan masyarakat Madura ini untuk turut serta dalam PKM.  

“PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandasan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Dengan adanya kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020 ini semoga PKM Universitas Trunojoyo Madura tahun 2020 makin sukses”, demikian disampaikan oleh Dr.Ir. Eko Nurmianto, M.Eng.Sc., DERT. (Anil)

Tinggalkan Balasan