Masjid Al Akbar Gelar Apel Persiapan Idul Adha, Sampaikan Tutorial Sholat Ditengah Wabah Covid 19

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Pengurus Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Al Akbar Surabaya, beserta semua jajaran kemitraan menggelar apel kesiapan pelaksanaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban tahun 1441 Hijriah, Kamis pagi (30/7/2020).

Apel berlangsung di Taman Asmaul Husna itu diikuti oleh relawan pengatur shaf, TNI Polri, Juru Sembelih Halal (Juleha) dan tim pelaksana protokol  Covid-19 Masjid Al Akbar.

H M Sudjak, Ketua Pengurus Badan Pelaksana Pengelola Masjid Agung Al Akbar Kota Surabaya, dalam sambutannya, menyampaikan, Apel ini digelar untuk memantapkan kesiapan pelaksanaan Shalat Idul Adha di tengah masa pandemi.

“Sholat idul adha tahun ini dilakukan dengan pembatasan sebagai salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah. Yakni, dengan sistem pendaftaran online dan jamaah mendapatkan  ID Card Sholat Idul Adha,” ujarnya.

Helmy M Noor, Humas Masjid Al Akbar   ,menghimbau, para jamaah untuk melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan masjid. 

Misalnya, lanjut Helmy, para jamaah memastikan sudah berwudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, pastikan ID Card  sudah dipakai, gunakan masker dari rumah dan siapkan Sodaqoh berupa uang tunai atau cashless.

“Persiapan itu sudah dilakukan dari rumah atau sebelum ke masjid untuk melaksanakan Shalat Idul Adha dan pastikan tiba di Masjid pukul 05.00 – 05.45 WIB,” tutur Helmy usai mengikuti apel.

Untuk mempermudah akses masuk maka parkir mobil berada di luar area masjid seperti bahu jalan atau kantong-kantor parkir yang sudah diatur oleh Tim Dishub Surabaya dan Dishub Provinsi Jatim. 

“Sedangkan parkir motor berada di dalam masjid dengan lewat pintu utara bagi jamaah perempuan dan lewat pintu timur bagi jamaah laki-laki,” imbuhnya.

Bagi jamaah perempuan pintu masuk melalui pintu sisi utara dan timur sedangkan akses jamaah laki-laki masuk melalui pintu gerbang sisi barat dan timur. 

“Semua jamaah tanpa terkecuali harus mengikuti prosedur pemeriksaan suhu badan, handsanitizer, pembagian kresek untuk membungkus sandal dan melewati bilik disinfektan,” jelasnya.

Untuk menjaga physical distancing, pihak masjid menyediakan  tempat sholat lantai 1 dan 2 yang sudah dipasang stiker Shaf  di lantai. Masjid Al Akbar juga menyiapkan menyiapkan 190 Relawan yang tersebar di area luar dan dalam masjid.

Shalat dan Khutbah Idul Adha dimulai besok pukul 06.00 WIB.  Sebelumnya telah diberitakan, Masjid Agung Al Akbar telah membuka pendaftaran jamaah sholat secara online. Tujuannya, agar jamaah tidak membludak selama wabah corona. (Ramadhani)

Tinggalkan Balasan