Bosan Belajar Daring, Guru TK Di Surabaya Terapkan Kegiatan Belajar Door To Door

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) -Seorang guru TK di Surabaya terpaksa mengajar door to door ke rumah murid-muridnya di Manukan Kasman, Kecamatan Tandes, Senin pagi (27/7/2020). Salah satunya adalah Susi Tri Rahayu, Guru TK B Negeri Bahari Surabaya.

Susi mengaku, Ini baru pertama kali ia melakukan pembelajaran luar jaring (laring). Jarak tempuh dari sekolah dengan rumah siswa tidak terlalu jauh. Pembelajaran laring ini dilakukan setiap seminggu sekali. Dengan diikuti 2 sampai 3 murid.

“Hari ini saya memberikan materi huruf vokal. Kemudian menuliskan sebuah kata dimana disitu menghilangkan huruf vokalnya. Lalu saya juga ajarkan melengkapi gambar wajah yang hilang,” ujarnya usai memberikan materi terhadap dua muridnya.

Melalui aktivitas tersebut, Susi mengaku senang karena bisa ketemu kembali dengan murid muridnya secara langsung. Mengingat, Susi melakukan pembelajaran terhadap muridnya melalui daring ditengah pandemi covid 19.

“Jarak dari rumah siswa ke sekolah menjadi duka tersendiri saat memulai pembelajaran door to door,” ungkapnya.

Selama ini, Susi telah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa tunjangan transport dan tunjangan pembelian kuota internet. Kendati demikian Susi merasa, bantuan tersebut kurang maksimal.

“Karena para guru guru setiap hari mengontrol atau menghubungi para murid terkait perkembang tugas yang diberika. Apakah ada kendalanya atau tidak,”katanya.

“Saya berharap pemerintah benar benar memberikan bantuannya dengan lengkap seperti fasilitas pembelajaran daring. Dan ruang khusus untuk guru berkomunikasi dengan murid,” pungkasnya. (Ramadhani)

Tinggalkan Balasan