Lamongan Semakin Megilan, Ditetapkan sebagai Kabupaten Inovasi Literasi Terbaik se-Jawa Timur

Listen to this article

LAMONGAN, lintasjatimnews.com
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, M.M. mewakili Bupati Lamongan menerima Penghargaan Kabupaten Inovasi Literasi Terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan tersebut diterima Munif dalam acara Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional yang diselenggarakan di kota Batu (22/11/2023).

Untuk mendapatkan penjelasan terkait diperolehnya penghargaan tersebut, Awak Lintasjatimnews.com menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.

Munif menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima Kabupaten Lamongan dalam hal Inovasi Literasi tahun ini, tentu berkaitan dengan prestasi tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2022, Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dinobatkan sebagai juara 1 Lomba Inovasi Literasi Provinsi Jawa Timur yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Aksara Internasional Tahun 2022 yang ditempatkan di Wisata Bahari Lamongan, Paciran, Kabupaten Lamongan.

Lebih lanjut Munif memaparkan bahwa ada beberapa gerakan inovasi yang mendukung diterimanya penghargaan ini, antara lain.

  1. Inovasi Gerlamsesaku (gerakan Lamongan Membaca Sehari Satu buku) juara 1 tingkat provinsi tahun 2022.
  2. Gerakan Aksi Penguatan Transisi PAUD ke SD menyenangkan di Lamongan (GERAI SI DILAN ) yang dipromotori langsung Bunda PAUD Lamongan. Dengan gerakan tersebut, Lamongan mendapatkan penghargaan tingkat nasional Widya Karya Utama dari Ibu Iriana Joko Widodo tahun 2023.
  3. Peluncuran Kurikulum Lamongan Berbasis Kearifan Lokal (Kulambakekal) tahun 2023 dan ditindaklanjuti dengan penyelenggaraan
    ✓Lomba menulis buku sejarah sekolah
    ✓Inovasi One Teacher One Book guru PAUD
    ✓Inovasi BERKAT KEKAL PALA (Berinovasi dan Berkarakter melalui Kearifan Lokal Paciran Lamongan) melalui ” Pitutur Luhur ” pada Pendidikan Anak Usia Dini. Implementasi program tersebut adalah berupa Program Tumpah Budaya setiap hari Kamis pekan pertama tiap bulannya mengadakan kegiatan ” Kamis Tumpah Budaya” Pada hari tersebut di sekolah sepenuhnya memakai bahasa jawa sebagai percakapan dan juga mengadakan permainan tradisional dan Jajanan pasar tempo dulu
  4. Gerakan masif kolaboratif Dinas Pendidikan dengan Dinas lain, antara lain
    ✓Dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berupa Program Adiwiyata, gerakan satu siswa satu pohon Lingkungan Hidup (DLH) berupa program
    ✓Dengan Dinas Kesehatan berupa program Sekolah Sehat
    ✓Dengan Dinas Arsip dan Perpusda berupa gerakan literasi dan budaya’ baca, dan
    ✓Dengan DPPPA berupa program Sekolah Ramah Anak).

Sementara itu Kabid SMP yang sekaligus menjabat PLt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Dr. Chusnu Yuli Setyo, M.Pd. mengungkapkan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan Kabupaten Lamongan dengan berbagai gerakan inovasi dan digitalisasi termasuk gerakan menggairahkan pendidikan literasi.

Dengan penghargaan yang diterima Kabupaten Lamongan sebagai Kabupaten Inovasi Literasi Terbaik dirinya berharap agar di tingkat satuan pendidikan bisa lebih bergairah lagi mewujudkan satuan pendidikan yang literat, kreatif, dan inovatif.

Reporter: M. Said