Juara 1 Nasional Lomba PJAS, Inilah Prestasi SMP Negeri 1 Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – SMP Negeri 1 Lamongan meraih Juara 1 tingkat Nasional Lomba Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) Aman dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Inilah prestasi SMP Negeri 1 Lamongan sebagai ikhtiar wujudkan keamanan pangan di lingkungan sekolah

Sebelumnya, Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah dari BPOM telah diserahkan di Jakarta dan diterima langsung kepala SMP Negeri 1 Lamongan Yayuk Setia Rahayu MPd.

Dijelaskan Yayuk Setia Rahayu bahwa lomba ini digelar sebagai implementasi pelaksanaan Program Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman (GERMAS SAPA). Tujuan lomba untuk menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas dan partisipasi komunitas sekolah dalam upaya mewujudkan keamanan pangan di sekolah.

Lanjutnya, dalam usahanya menyediakan jajanan yang sehat dan aman dikonsumsi untuk anak-anak, Yayuk bahkan terus mensosialisasikan standar jajanan bergizi kepada para pedagang di luar kantin sekolah.

“Jajajan yang di jual di kantin sekolah selain ada sertifikat halalnya, juga sudah memiliki izin edar BPOM. Bahkan telah lulus uji tes laboratorium sehingga mengetahui pewarna makanan yang digunakan aman dikonsumsi. Termasuk mensosialisasikan kepada para pedagang di luar sekolah juga,” ujar Yayuk.

Ditambahkan mantan kepala SMP Negeri 2 Lamongan ini, selain mensosialisasikan pedagang di luar lingkungan sekolah, pihak sekolah juga turut mensosialisasikan kepada sekolah di sekitar SMP Negeri 1 Lamongan. Agar kantin sekolah turut menjual jajanan bergizi dan sudah mendapat izin edar BPOM.

“Kami merasa bangga lantaran meraih juara 1 Nasional. Hal ini tak luput dari usaha sekolah dalam menghadirkan jajanan kantin yang bernilai gizi seimbang,” ujar Yayuk Setia Rahayu

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan apresiasinya atas upaya bersama baik kepala sekolah, guru, komite sekolah hingga orang tua yang peduli dengan makanan atau jajanan yang dikonsumsi anak-anak. Selain ikhtiar menjaga kesehatan anak-anak, kepedulian ini merupakan upaya nyata dalam menurunkan stunting di Lamongan.

“Selamat kepada keluarga besar SMP Negeri 1 Lamongan yang berhasil meraih juara 1 tingkat Nasional lomba Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah Aman BPOM,” puji Bupati Yuhronur

Dengan diraihnya juara ini, dapat memotivasi sekolah-sekolah di Lamongan. Agar semakin meningkatkan kualitas jajanan yang dijual di kantin sekolahnya masing-masing.

“Bahkan upaya ini berseiring dengan apa yang sedang diupayakan pemerintah yakni penurunan stunting di Kabupaten Lamongan,” pungkasnya

Reporter Fathurrahim Syuhadi