Rumah Di Surabaya Terbakar, Penghuni Sempat Kesulitan Evakuasi

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Kebakaran hebat menghanguskan rumah dua lantai Senin (15/2/2021), Jalan Taman AIS Nasution Nomor 31, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. Peristiwa itu terjadi persis di sebelah Hokky, pusat minimarket buah buahan. Disinyalir bangunan tersebut digunakan sebagai usaha toko dekorasi rumah.

Sambil melakukan pemadaman, petugas PMK berusaha mengevakuasi hewan peliharaan yang meliputi 7 ekor anjing, dan 3 ekor lovebird beserta kandangnya. Sebanyak 18 unit dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah.

Pemilik bangunan nampak nangis sesenggukan. Mereka tidak percaya, rumah besar yang dimiliki ludes dalam waktu sekejap. Salah satu perempuan tampak terkena luka bakar di bagian kakinya. Dengan dibantu petugas setempat, ia duduk dan dioleskan salep luka bakar pada kakinya itu.

Kabid Pembinaan dan Operasional Dinas PMK Kota Surabaya, Bambang Vistadi, menuturkan, identitas korban sekaligus pemilik rumah diketahui bernama Windoyo Halim (70), Tantri Hendrawati (70), Fusy Halim (50), Fanda Jany (40), Sifon Edward Halim (26), Michel Halim (25), serta satu pegawainya, Suyatmi (54).

“Kondisi Fanda Jany mengalami luka bakar di kedua dan telapak kaki. Suyatmi mengalami luka bakar di punggung kanan, dan kaki kiri. Semua korban berhasil diselamatkan,” ujarnya.

“Kami terima berita 09.33 WIB. Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi yang berada di sekitaran lokasi kejadian langsung melaksanakan pemadaman,” imbuhnya.

Bambang menjelaskan, Luas Keseluruhan bangunan kurang lebih 12 x 40 meter. Sementara luas yang terbakar di lantai 1  6×6 meter dan 5X5 meter di bagian kamar dan garasi. Kemudian di Lantai 2 6 x 6 meter bagian Garasi.

“Pemilik Windoyo Halim. Penyebab Belum Diketahui. Korban selamat dan berhasil dibantu keluar. Sempat ada api di lantai 1 dan penghuni rumah tidak bisa keluar untuk menyelamatkan diri,” ungkap Bambang.

Api Pokok Padam 09.59 WIB. Pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif 10.35 WIB. (Ramadhani)