Spektakuler! Warga Sendangagung Suguhkan Tampilan di FSM dan BSC

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews.com – Warga Sendangagung Paciran Lamongan Jawa Timur mengadakan acara akbar tahunan. Acara ini diberi nama Festival Sego Muduk dan Batik Sendangagung, atau lebih dikenal FSM dan BSC. Perhelatan tahun lalu yang cukup sukses dan ramai menjadi alasan digelarnya kembali pada tahun ini.

Acara yang digelar bertepatan pada hari Ahad, 1/10/2023 ini, dihadiri oleh tamu agung, Bupati Lamongan, Bapak Dr H Yuhronur Efendi MBA.

Alasan kedatangan Pak Yes (biasa dipanggil) ke Sendangagung adalah karena desa ini sebagai salah satu sentra pengrajin batik di Kabupaten Lamongan. Selain itu, daya tarik nasi muduk juga tidak dapat dielakkan. Nasi ini menjadi makanan khas Sendangagung yang sudah dikenal masyarakat luas.

Acara festival ini disemarakkan oleh tampilan kreasi masyarakat. Para Ketua RT dan masyarakat desa mempunyai effort yang cukup tinggi. Hal itu tidak bisa dipungkiri dari hasil karya-karya yang ditampilkan atau diarak, seperti: ikon dengan balutan batik Sendangagung ada ikon ular, bunga-bunga dari batik perca, aneka kreasi dari daun siwalan dan lain sebagainya.

Riuhnya ribuan penonton pada acara festival kali ini, juga dikarenakan adanya event makan muduk secara gratis setelah acara selesai. Dengan rasa nasi yang khas ditambah gratis tanpa beli, maka menjadi magnet kuat untuk menarik penonton untuk menyantap nasi muduk usai menyaksikan apikya tampilan acara FSM dan BSC ini.

Jarang-jarang saya makan nasi muduk secara gratis, biasanya harus beli terlebih dahulu seharga Lima Ribuan, itu pun harus ke Desa Sendangagung, Alhamdulillah kesempatan ini tidak bisa disia-siakan, karena kapan lagi makan muduk secara gratis dan bisa lihat tampilan festival semewah ini. Kesan ibu Sahiroh, warga Desa Payaman Solokuro ini.

Di samping menyajikan pertunjukan festival dan nasi muduk, Pemerintah Desa Sendangagung juga menyediakan stand-stand khusus. Stand-stand ini berisi berbagai dagangan khas Desa Sendangagung, seperti: kain baju, jarik, sarung, gendong. Semua bermotif batik khas Sendangagung.

Ada juga makanan khas Sendangagung yang terkenal enaknya, Makanan Sendangagung selain banyak ragamnya, rasanya juga enak gurih legit, pokoknya maknyus tidak kaleng kaleng, tutur H Suatas Asyraf asli Padangan Bojonegoro yang jauh jauh datang demi melihat langsung ajang tahunan, FSM dan BSC ini.

Reporter; Gondo Waloyo