Bupati Lamongan Meresmikan Gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera Desa Parengan

Listen to this article

LAMONGAN lintaslatimews.com – Dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa, Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA. meresmikan Gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera yang berlokasi di Balai Desa Parengan, Sabtu (16/08/2023).

Bupati beserta rombongan tiba di balai desa Parengan pukul 13.30 langsung diarahkan menuju gedung UMKM BUMDes. Didampingi kepala Dinas Pariwisata beserta Kepala OPD lainnya, Bupati melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya Gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera Desa Parengan.

Selanjutnya Bupati beserta rombongan menuju tempat yang disediakan untuk melanjutkan acara seremonial penandatanganan prasasti peresmian Gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera Desa Parengan

Acara seremonial diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penyampaian doa. sambutan-sambutan, dan selingan tari Tenun Parengan serta ramah tamah.

Sebelum rangkaian acara sambutan, ditampilkan tari tenun Parengan. Penampilan tari dengan iringan gending dengan campuran irama mirip suara tenun membuat decak kagum Bupati dan hadirin.

Tarian Tenun Parengan menggambarkan kebanggaan para remaja dalam mengenakan dan memamerkan khas produk Lamongan. Keceriaan, kegembiraan, dan kecintaan terhadap kain tenun Parengan dituangkan dalam gerak tari yang dinamis, ritmis, ekspresif, dan meriah.

Selesai penampilan tari, dilanjutkan Sambutan Kepala Desa, Dalam sambutannya, Kepala Desa Parengan, Slamet Rosyidin, S.H. menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Lamongan atas bantuan dan kesediaan bupati beserta rombongan berkenan meresmikan Gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera Desa Parengan.

Selanjutnya Slamet memaparkan sejarah singkat industri tenun ikat di Parengan yang sudah ada sejak zaman Belanda tahun 1925. Tahun 1960an industri tenun ikat mengalami penurunan seiring berkembangnya sarung cap dengan tenun mesin.

Alhamdulillah melalui Paradila tenun ikat Parengan mulai bangkit dengan ragam kreasi motif tanpa meninggalkan ciri khas aslinya.

Slamet berharap dengan kehadiran Bapak Bupati meresmikan gedung UMKM BUMDes akan lebih menggairahkan kembali para pelaku perajin tenun ikat di Parengan sehingga bisa menasional bahkan mendunia.

Sementara itu Bupati Lamongan, Dr. H. Yuhronur Efendi, MBA., menyampaikan apresiasi atas upaya pemerintah Desa Parengan dalam menggerakkan ekonomi masyarakat Desa Parengan.

Pak Yes, sapaan akrab Bupati Lamongan menceritakan bagaimana Gubernur Jawa Timur, yang sangat tertarik dengan kain tenun ikat Parengan. Ketertarikan Gubernur diwujudkan dalam surat edaran agar pegawai pemerintah memakai seragam batik kain tenun pada hari Kamis

Usai memberikan sambutan Pak Yes didampingi Sekda, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, serta kepala OPD lainnya. menandatangani prasasti peresmian gedung UMKM BUMDes Maju Sejahtera Desa Parengan.

Setelah ramah tamah Bupati dan rombongan menuju arena kegiatan Festival Mural Tenun Ikat Parengan.

Reporter: M. Said