Berikan Edukasi Dan Sosialisasi, Mappilu PWI Probolinggo Raya Resmi Dilantik

Listen to this article

PROBOLINGGO lintasjatimnews.com – Ketua masyarakat dan pers pemantau pemilu (Mappilu) Provinsi Jawa Timur, Mahmud Suhermono melantik jajaran pengurus masyarakat dan pers pemantau pemilu (Mappilu) persatuan wartawan indonesia (PWI) Kabupaten/Kota Probolinggo masa bhakti 2022-2025.

Ketua Mappilu Provinsi Jawa Timur, Mahmud Suhermono dalam sambutannya tidak hanya menyampaikan selamat kepada sejumlah pengurus yang dilantik tapi juga menjabarkan historis berdirinya Mappilu.

“Berdasarkan historis Mappilu ini berdiri melibatkan unsur pers sehingga Mappilu ini mempunyai keunggulan dibanding lembaga yang lain karena bisa langsung mempublikasikan,”kata Mahmud Suhermono, Kamis (14/9).

Ia berharap kehadiran Mappilu ini bisa mendidik masyarakat, Mappilu bisa koordinasi dengan lembaga lain untuk menghasilkan tahapan dan pelaksanaan pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Mappilu hanya menjalankan tugas sebagai pemantau, jika diindikasi atau ditemukan pelanggaran pemilu tetap dilaporkan ke Bawaslu selaku eksekutor,”ujarnya.

Sementara Ahmad Faisol , Ketua Mappilu kabupaten/kota Probolinggo mengungkapkan Mappilu dibentuk untuk memberikan edukasi dan sosialiasi tahapan dan pelaksanaan pemilihan umum kepada masyarakat. Dengan harapan pelaksanaan pemilihan umum dapat yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah.

“Mappilu Kabupaten/Kota Probolinggo yang dilantik berisikan orang-orang yang berkompeten, mari kita pantau tahapan pemilu, kita punya kekuatan dan istimewa karena diisi oleh para pelaku media yang punya kapasitas dan kabalitas,”ungkapnya.

Untuk diketahui diakhir pelantikan pengurus Mappilu PWI Kabupaten/Kota Probolinggo tersebut juga dilaunching tagline Mappilu Kabupaten/Probolinggo yakni siap awasi dan pantau pemilu (Siap Lu ) oleh ketua PWI Proboinggo Raya HA. Suyuti.

Reporter Rebudi