Helat FGD Jaringan Sehat Indonesia Bersama Relawan Kesehatan Demi Integrasi Layanan Gawat Darurat

Listen to this article

BANDUNG lintasjatimnews.com – Evakuasi dan transportasi merupakan salah satu bagian penting dalam pelayanan gawat darurat. Melalui evakuasi dan transportasi yang tepat dapat membantu penanganan penderita gawat darurat dengan baik dan memberikan dukungan dalam proses penyembuhan. Pada pelayanan gawat darurat terkadang diperlukan rujukan menuju fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih besar pada pasien, ini dikarenakan oleh keterbatasan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang memungkinkan untuk dilakukan penanganan yang definitif pada fasilitas layanan kesehatan dasar.

Untuk itu dibutuhkan sarana evakuasi dan transportasi yang memadai berupa ambulan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarananya yang terstandar. Ambulan adalah kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut orang sakit atau terluka untuk mendapatkan fasilitas medis, ambulan juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan peralatan kesehatan yang dapat digunakan untuk memberi pertolongan kepada pasien saat perjalanan.

Divisi Kesehatan Dompet Dhuafa menggelar FGD (Focus Group Discussion) Jaringan Sehat Indonesia di Balai Rakyat Indonesia, Desa Tani Dompet Dhuafa, Cibodas, Kabupaten Bandung. Berlangsung selama 2 hari 1 malam, hingga 18 Juli 2023, udara dingin dan pemandangan indah pertanian area Desa Tani, menambah antusias 50 peserta dari ragam mitra dan relawan kesehatan yang antusias mengikuti FGD bertajuk, Relawan Respon Darurat Kesehatan (RDK) Terintegerasi dan BerkolaborAksi.

Dalam materi pengantarnya, dr. Yeni Purnamasari MKM. selaku General Manager Kesehatan Yayasan Dompet Dhuafa Republika, memaparkan, Respon Darurat Kesehatan dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) bertransformasi menjadi jaringan yang terintegrasi pada jaminan kesehatan bagi masyarakat luas, khususnya dhuafa yang membutuhkan akses tersebut.

Jaringan Sehat Indonesia menjadi satu upaya mengintegrasikan jejaring mitra dan relawan kesehatan dalam satu kesatuan gerakan pelayanan gawat darurat dan pemenuhan akses jaminan kesehatan dengan perapihan sistem tata kelola yang profesional, mudah diakses, safety, meningkatkan sebaran, estafet kebaikan dan membantu lebih banyak dhuafa masyakat yang membutuhkan, paparnya.

Dengan adanya jaringan, kita pun memiliki daftar dan terintegritas. Kami juga sedang mengembangkan suatu sistem layanan kegawatdaruratan yang menjadi hotline, gagar memudahkan dan menyederhanakan, tambah dr. Yeni.

Dilanjutkan paparan dari Kementerian Kesehatan, dr. Yayan Gusman MKM., memaparkan materi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT): Call Center, Sistem Komunikasi Gawat Darurat, Integrasi (National Command Center), dan Fasilitas Pelayanan.

Korban kecelakaan darat masih menempati urutan pertama tahun 2022, penyakit tertinggi jantung, pun Indonesia wilayah rawan bencana. National Command Center adalah 119. Ya, kedaruratan memang tanggung jawab negara, kita sudah mengupayakan banyak hal juga, namun di luar itu dan di tiap daerah, ada kebijakan tersendiri yang akhirnya juga menentukan aturannya, jelas dr. Yayan.

Dalam gelaran tersebut, Andri selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat dan Juperta Panji selaku Kepala Divisi Filantropi Kesehatan Yayasan Rumah Sehat Terpadu turut hadir membuka FGD.

Hadir juga sebagai Narasumber pada sesi diskusi yaitu P3KD Dinkes DKI memaparkan Tata Kelola Layanan Ambulan dan Jamkeswatch memaparkan Advokasi Jaminan Kesehatan Nasional.

Reporter : ahmad