Lestarikan Cagar Budaya, Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bangun Makam Ki Ageng Posong

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Pagi ini untuk menjaga kelestarian tradisi adat dan istiadat budaya, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan, melakukan kerja bakti bersama masyarakat dalam pembangunan situs makam Ki Ageng Posong yang berada di Desa Semanten, Kec. Pacitan Kab. Pacitan, Sabtu (31/12/2022).

Pembangunan situs makam tersebut merupakan kearifan lokal bagi warga sekitar, untuk memuliakan dan menghormati tokoh ulama, karena disamping memiliki nilai religius, menurut sejarah Ki Ageng Posong merupakan tokoh ulama penyebar agama Islam.

Selain itu, pembangunan makam Ki Ageng Posong merupakan salah satu bentuk kepedulian bersama demi melindungi cagar budaya peninggalan sejarah yang ada di Kab. Pacitan, sehingga harapannya dapat di kenang oleh generasi muda penerus bangsa.

Danramil 0801/01 Pacitan Kapten Kav Dadut Setiawan saat berada di lokasi mengatakan bahwa dengan adat istiadat serta budaya bangsa Indonesia yang beranekaragam, tradisi seperti ini hendaknya dipertahankan demi menjaga kelestariannya.

“Mari kita bersama-sama jaga dan rawat situs dan peninggalan sejarah yang ada di Kab. Pacitan, sebagai bentuk warisan budaya leluhur, sehingga dapat dikenang oleh generasi penerus bangsa”, ujar Danramil saat dikonfirmasi awak media di lokasi.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut diantaranya Bupati Pacitan (Indrata Nur Bayuaji), Camat Pacitan (Ibu Sugiyem), Danramil Pacitan (Kapten Kav Dadut S), Danden Lanud Pacitan (Letda Lek Ridwan), Danpos Lanal Pacitan (Peltu Ator), Kepala Desa Semanten (Bpk Zaifuddin ), serta masyarakat Desa Semanten.

Reporter priyo