Buruh Desak Gubernur Khofifah Pertimbangkan Tambahan Kebutuhan Selama Pandemi

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com)   Demo buruh berbagai daerah mulai berkumpul di depan Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan Surabaya. (19/11/2020).

Dimulai dari pendemo buruh Gresik  lalu disusul buruh dari wilayah lainnya yang datang menuju Jalan Pahlawan. Para pendemo menggelar mimbar aspirasi dengan berorasi secara bergantian dari mobil komando masing-masing yang diarahkan ke Kantor Gubenur Jatim.

Penjagaan aparat kepolisian juga dilakukan dengan ketat, sebelumnya kawat berduri dipasang disepanjang depan kantor Gubernur Jatim, disekitar lokasi juga standby mobil water canon. Di depan massa aksi juga dijaga petugas dengan membentangkan spanduk berisi imbauan agar aksi damai dan tertib.

Pengamanan aksi demo ini ada di 3 tempat yaitu gedung negara Grahadi, kantor gubernur dan kantor DPRD TK I dengan jumlah pengamanan 4015 terdiri dari petugas Polrestabes 672, polsek jajaran Polrestabes 374, Polda Jatim 1001, dalmas polres jajaran 1.002 dan instansi samping 966.

Unjuk rasa ini diikuti 15 aliansi Federasi dan Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-Jatim sebanyak 10.000.

Tujuan aksi demo ini mengawal penetapan UMK Jatim 2021. Sebagaimana regulasi yang ada, penetapan UMK 2021 selambat-lambatnya pada 20 November 2020.

Dan mendesak Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim agar mempertimbangkan tambahan kebutuhan buruh selama pandemi dalam penetapan UMK 2021 serta tambahan kebutuhan pandemi senilai Rp 600 ribu. (Najib).

Tinggalkan Balasan