Menjalin Ukhuwah, Berbagi Pengalaman dan Karya Darmawanita Persatuan SMPN 1 Solokuro

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dibalik kesuksesan seorang pria terdapat wanita yang hebat, Kalimat tersebut keluar dari M. Said, S.Pd. M.Pd. diawal sambutannya dalam agenda pertemuan rutin Darmawanita Persatuan SMP Negeri 1 Solokuro, Selasa 23/11/2021

M Said, sebagai Pembina Darmawanita SMP Negeri 1 Solokuro menjelaskan bahwa peran istri dalam menunjang karir suami untuk bekerja sungguh sangat penting. Karir seorang suami akan berjalan sesuai harapan jika didukung oleh keluarga terutama istri dan putra-purinya.

Lanjutnya, anggota Dharma Wanita harus dapat memberikan dorongan dan kontribusi kepada suami agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat.

Ia menambahkan, ASN yang berprofesi sebagai guru harus memberikan pelayanan terbaik pada anak didik sekaligus untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu sebagai istri ASN yang berprofesi guru sudah seharusnya ikut bersama-sama mendukung meningkatkan kualitas dan kuanitas SMP Negeri 1 Solokoro,

Selain istri ASN, jelas Said anggota Darmawanita sebagian juga berkarir sebagai ASN. Ibu-Ibu ASN ini justru punya tanggung jawab rangkap, selain tugas pokok dan fungsinya sebagai ASN juga punya tugas sebagai anggota Darmawanita.

“Tentu harus pandai-pandai mengatur peran secara seimbang, peran sebagai ASN, peran sebagai anggota darmawanita juga peran sebagai ibu rumah tangga. Insyaallah surga balasannya manakala diamalkan secara ikhlas. Tidak berlebihan jika Rasulullah bersabda, surga itu di bawah telapak kaki Ibu”, ungkap aktifis ini

Diakhir sambutannya, Said, sebagai Pembina Darmawanita Persatuan SMP Negeri 1 Solokuro, membawakan sebuah hadis yang diriwayatkan istri Abdullah bin Mas’ud. Rithah datang menemui Rasulullah dan berkata, “Ya Rasulullah, saya perempuan pekerja, saya menjual hasil pekerjaan saya. Saya melakukan ini karena saya, suami saya, dan anak saya tidak memiliki harta apa pun,”. Kemudian Rasulullah pun menjawab, “Kamu memperoleh pahala dari apa yang kamu nafkahkan kepada mereka,”.

Ia menkelaskan, di masa Rasulullah terdapat contoh konkret sosok perempuan yang sukses mengembangkan karir yang diiringi dengan ketakwaan kepada Allah SWT. Sosok tersebut yakni Sayyidah Siti Khadijah, istri pertama Rasulullah SAW. Beliau dikenal sebagai saudagar yang kaya raya, bahkan beliau mampu melakukan perniagaan dan berekspedisi hingga ke berbagai negeri.

Sementara itu, Ketua Darmawanita, Azminatus Sa’diyah SPd yang juga istri Kepala SMP Negeri 1 Solokuro, dalam sambutannya menyampaikan informasi-informasi dari pertemuan Darmawanita Persatuan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. Berikut kegiatan yang akan dilaksanakan Darmawanita.

Pertemuan rutin ini diisi berbagi pengalaman dan karya. Diantaranya berlatih berkreasi membuat hiasan hantaran penganten berbahan handuk. Beberapa kreasi model dan bentuk hantaran penganten berbahan handuk yang hasilnya cukup menarik (Fathurrahim Syuhadi)