Lamongan Canangkan Gerakan, Ayo Dolen Nang Lamongan

Listen to this article

LAMONGAN (lintasjatimnews) – Tarik wisatawan, Lamongan canangkan gerakan ‘Ayo Dolen Nang Lamongan’. Hal ini disampaikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada Peringatan World Tourism Day di Café Marina Wisata Bahari Lamongan, Senin 27/9/2021.

Bertepatan dengan momentum World Tourism Day atau Hari Pariwisata Internasional tahun 2021, dengan tema Pariwisata untuk Pertumbuhan Inklusif diharapkan mampu meningkatkan sektor pariwisata menjadi sektor unggulan dan icon daerah.

Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggiatkan pemulihan dan pertumbuhan kembali kunjungan wisatawan akibat mewabahnya Covid-19.

Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sudah sekian lama kita berhenti akibat mewabahnya pandemi Covid-19 dan pembatasan-pembatasan aktifitas masyarakat. Kita canangkan kembali pariwisata. 

Lanjutnya, dengan mulai dibukanya kembali pariwisata di kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Disparbud akan terus mempersiapkan wisata yang aman, sehat dan tentu mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

“Kita akan terus mempersiapkan sebaik-baiknya, tempat-tempat wisata yang dimiliki. Baik milik pemerintah daerah, pemerintah desa ataupun milik instansi swasta dalam rangka menarik wisatawan”, jelasnya 

Senada dengan harapan Bupati Yuhronur Efendi, Kepala Disparbud Siti Rubikah mengungkapkan momentum peringatan Hari Pariwisata Sedunia ini menjadi kebangkitan kembali sektor pariwisata yang sempat melemah.

“Kami menyadari bahwa sektor pariwisata menjadi sektor unggulan yang menopang ekonomi Kabupaten Lamongan bahkan cukup besar memberi kontribusi terhadap PAD. Namun dengan mewabahnya pandemi Covid 19 ini telah memberi pengaruh yang signifikan, tidak hanya pada sektor pariwisata saja namun juga pemerintah daerah”, jelas Siti Rubikah.

Sepanjang tahun 2016-2019 jumlah kunjungan wisatawan baik domestik dan mancanegara terus mengalami peningkatan yakni tercatat sebanyak 2.769.558 orang pada tahun 2019. Sedangkan pada tahun 2020 jumlah wisatawan masih diangka 1.028.889 orang dan telah memberikan kontribusi positif terhadap PAD,(Fathurrahim Syuhadi)