Diadakan di UNESA, Tes SKD CPNS Kemendikbud Ristek Diikuti 11.460 Peserta dari Berbagai Daerah

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews) – Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI mulai diselenggarakan pada Senin, 20 September 2021 dan akan berakhir pada 30 September 2021. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ditunjuk oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebagai tempat pelaksanaan tes dan sekaligus sebagai panitia kegiatan.

Dr. Sulaksono, S.H., M.H., Kabiro Umum dan Keuangan UNESA mengatakan bahwa sebanyak 11.460 peserta yang mengikuti tes SKD tersebut. Satu hari terdapat empat sesi yang diikuti oleh 1.200 peserta. Sesi satu dimulai pukul 06.30-09.40, sesi dua pukul 09.30-12.10, sesi tiga pukul 12.00-14.40, dan sesi empat mulai pukul 14.30-17.10.

Tempat ujian SKD di UNESA Kampus Lidah Wetan yang terbagi dalam tiga lokasi. Lokasi satu di Gedung Pascasarjana (Gedung CPD) UNESA. Lokasi dua di Gedung LP3 UNESA. Lokasi tiga di PPTI Gedung Rektorat UNESA. Ketiga lokasi itu jaraknya cukup dekat. Lokasi satu dan dua tepat berada di sisi utara atau sekitar 50 meter sisi utara Gedung Rektorat.

Adapun perlengkapan dan keperluan yang harus diperhatikan dan dibawa peserta yaitu, (1) KTP asli, (2) kartu peserta ujian, (3) form deklarasi sehat, (4) hasil negatif SWAB Antigen 1×24 jam, (5) sertifikat vaksin minimal dosis pertama. Selain itu, peserta juga wajib (a) membawa dan mengenakan masker, (b) membawa peralatan tulis sendiri, (c) wajib protokol kesehatan.

Di lokasi ujian, alur masuk yang perlu diperhatikan peserta adalah, (1) sebelum masuk ke ruangan peserta melewati pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan di tempat yang disediakan atau menggunakan hand sanitizer. (2) peserta menitipkan tas dan semua barang yang tidak diperlukan kepada panitia di lokasi ujian. (3) peserta menuju tempat registrasi dan menunjukkan dokumen yang dipersyaratkan di atas. (4) Peserta menuju area pemberian PIN. (5) Peserta menuju area pemeriksaan metal detector. (6) peserta menuju area tunggu sebelum masuk ke ruangan tes.

Sulaksono menegaskan bahwa ruangan dan skema alur peserta dibuat dengan memperhatikan protokol kesehatan. Pengaturan jarak antar peserta dan kelayakan ruangan sudah diperiksa oleh tim Satgas Covid-19 dan Satuan Mitigasi dan Crisis Center (SMCC) Unesa. Bahkan sebelum sesi dimulai ruang tunggu dan ruang ujian disterilisasi.

Ia mengimbau kepada para peserta agar memperhatikan baik-baik jadwal ujian, termasuk semua syarat, ketentuan dan perlengkapan yang dibutuhkan saat tes. Selain itu, peserta diharuskan datang lebih awal di lokasi ujian. “Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya, dan ikuti tes dengan semaksimal mungkin. Semoga tes bisa berjalan lancar dan hasilnya sesuai harapan,” harapnya. (Nafisha/putri/qulbi).