Berdayakan UMK,Kadin Gresik Kerjasama dengan Shopee

Listen to this article

GRESIK (lintasjatimnews) – Pandemi yang melanda Nusantara hampir dua tahun ini, membuat banyak usaha mikro kecil ( UMK) terdampak. Oleh sebab itu,agar sektor UMK ini tetap bertahan di tengah pandemi. Kamar Dagang dan Industri ( Kadin) Gresik yang diketuai Mohammad Choiril bersinergi dengan steakholder pemerintah,yaitu Diskoperindag Gresik melakukan kerjasama dengan marketplace Shopee.

Harapannya agar UMK Gresik ke depan bisa Go online,Go export,dan usahanya naik kelas. Dalam hal ini Kadin Gresik menjadi pelopor. Seperti diketahui penjualan produk melalui marketplace saat ini memang sedang naik daun, memudahkan untuk berinteraksi dengan customer ,terlebih di masa pandemi.

“Tujuan kerjasama dengan marketplace Shopee ini untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan UMK Gresik di marketplace,” ujar Eddy Purwanto,wakil ketua bidang koperasi dan UMKM Kadin Gresik kepada lintasjatimnews (19/9/2021) 

Wanto, panggilan akrabnya, menyatakan jika dirinya bertindak sebagai pelaksana teknisnya saja. Terkait kerjasama antara Kadin dengan Marketplace Shopee 

Dia mengatakan, Kadin Gresik akan berupaya membantu UMK Gresik agar bisa naik kelas dengan beberapa program pendampingan, antara lain: membantu terkait legalitas usaha, bagaimana kemasan yang menarik, kapasitas produksi,dll. Dia menghimbau terkait legalitas usaha UMK minimal harus mempunyai NIB(nomor induk berusaha) , untuk usaha makanan minuman ( Mamin) minimal ada PIRT nya.

“Ya semoga UMK Gresik bisa menjadi pengusaha mandiri yang sukses dengan produk yang baik untuk konsumen,” harapnya

Bagi masyarakat Gresik yang butuh pendampingan usaha mikro kecil nya bisa datang ke Kadin untuk mendapatkan akses informasi terkait produk, pemasaran dari hulu sampai hilir.

“Baik yang sudah punya label maupun belum punya label akan kita bantu,” papar Wanto

Seperti yang diketahui jumlah UMK yang dibina Kadin Gresik mencapai ribuan. Dari UMK bidang Mamin, kuliner, craft, fashion dll. 

Saat ini ada beberapa UMK Gresik yang sudah Go export, seperti UMK songkok Unyil di Gresik kota,juga kopi luwak Lanang yang sudah mengirim produknya ke Malaysia, Brunai Darussalam.

” Ya diharapkan UMK Gresik yang lainnya bisa menyusul untuk export,” tutupnya (Budi)