IMAM FADLI : Sebelum Mendirikan Sekolah Perlu Kajian Mendalam

Listen to this article

LAMONGAN (lintasjatimnews) – Sebelum mendirikan sekolah perlu kajian mendalam. Demikian disampaikan H Imam Fadli, MSi anggota Komisi D DPRD Lamongan saat menanggapi keberadaan SMP Negeri Solokuro yang muridnya di bawah 60, Jumat, 17/9/2021

“Kalau mau flashback sejenak, memang harusnya sebelum mendirikan sekolah, perlu kajian mendalam”, ungkap legislator dapil Paciran, Brondong, Solokuro dan Laren ini 

Pertama,kita semua tahu di daerah pantura Paciran dan Solokuro khususnya, semua desa mempunyai lembaga pendidikan. Apalagi letak lokasi SMP Negeri Solokuro ada di desa Payaman. Lembaga pendidikan besar dan sudah mengakar, seperti Ponpes Darul Ma’arif, Ponpes Rodlotul Muta’abidin, Ponpes Al Aman dan Lembaga Muhammadiyah Payaman. 

Lanjutnya, kemudian di desa desa sekitarnya. Semua mempunyai lembaga setingkat SMP yakni MTs. Baik yang di sebelah utara yakni Sendangagung dan sekitarnya, selatan di Solokuro, barat di Sugihan, Dadapan, dan Tenggulun

“Dan semua sudah mempunyai kepercayaan di tengah masyarakat”, ujar politisi Partai Gerinda ini

Kedua, untuk daerah pantura, waktu itu hingga hari ini. Orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di Madrasah Tsanawiyah (MTs), kecuali untuk saat ini SMP yang berbasis keagamaan di lingkungan pesantren itu sudah memiliki hati di tengah masyarakat.

Ia mencontohkan, waktu itu SMP Negeri 2 Paciran diletakan di dalam komplek Ponpes Sunan Drajat. Hasilnya sangat bagus, kualitas dan kuantitasnya bisa dilihat. Mungkin sangat berbeda kalau waktu itu SMP Negeri Solokuro ditaruh dalam lingkungan pesantren.

Solusinya bagaimana ? Karena tidak mungkin pemerintah menutup sekolah ini ? Jadi yang ada ini dimaksimalkan urai pengurus pendidikan di lingkungan Maarif NU ini.

 “Harus ada sesuatu yang nendang atau yang diunggulkan dari SMP Negeri Solokuro. Baik ekstra kurikulernya, maupun yang lainnya”, ujar dosen Unisda ini

Karena berada di daerah pertanian, saran Imam Fadli maka SMP Negeri Solokuro bisa dijadikan SMP berbasis pertanian. Ada kurikulum muatan lokal yang mengarah ke bidang pertanian.

Lanjut Imam Fadli, kalau mau sedikit ekstrim masukan SMP Negeri Solokuro ini ke dalam unit pesantren di dekat daerah tersebut. Tapi itu butuh proses yang tidak mudah.

“Seperti SMP Negeri 2 Paciran yang masuk ke dalam unit pendidikan di Sunan Drajat. Jadi ada keunggulan di sisi pelajaran agamanya. Kemudian kepercayaan masyarakat kepada SMP Negeri Solokuro akan tumbuh seiring kepercayaan masyarakat terhadap pesantren yang sudah berlangsung lama”, pungkasnya (Fathurrahim Syuhadi)