UNESA Adakan Upacara Peringatan Haornas 2021 bersama NPCI Jatim dan Beri Apresiasi untuk Atlet Paralimpiade

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews) – Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-38, 9 September 2021 menjadi momentum kebangkitan olahraga Indonesia. Fakultas Ilmu Olahraga UNESA punya cara yang berbeda dalam memperingati hari besar olahraga tersebut, yakni dengan melakukan upacara bendera dengan tema “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju” di halaman Gedung U1 FIO UNESA, Kampus Lidah Wetan pada Kamis (09/09/2021).

Upacara yang dihelat secara daring dan luring tersebut melibatkan Atlet National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI) Jawa Timur dan diikuti oleh seluruh pimpinan fakultas dan jurusan, dosen, tendik, dan mahasiswa selingkung FIO.

Acara yang berlangsung dengan khidmat itu dimeriahkan dengan ‘atraksi’ para atlet cabang olahraga karate dan penampilan atlet NPCI Puslatda Jawa Timur cabang olahraga Gulat Judo Netra masing-masing oleh Prayogi Gautama dan Agung Gondolimo. Unjuk kebolehan mulai dari gerakan, sikap, jurus serta kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan dua atlet tersebut menjadi warna tersendiri pada peringatan Haornas itu.

Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik pada kesempatan itu mengatakan bahwa Haornas bukan peringatan biasa. Namun menjadi tonggak dalam menghayati dan menjiwai olahraga sebagai bagian penting dalam program pembangunan nasional. Setiap rangkaiannya berarti dalam meningkatkan inovasi dan prestasi olahraga Indonesia ke depannya.

Ia menambahkan, di luar negeri, kibaran bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia hanya bisa disaksikan dan didengar ketika ada kunjungan presiden di luar negeri dan ketika anak bangsa menorehkan prestasi di tingkat dunia. Karena itu, lanjutnya, Haornas dan rangkaian peringatannya benar-benar bisa dihayati dan jadi motivasi dalam mengukir prestasi. “Haornas ini juga, FIO harus terus meningkatkan perannya dan strategi dalam mendorong kemajuan dunia olahraga Indonesia,” tukas Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni UNESA itu. (Qulbi).