Mahasiswa UNESA Ciptakan Inovasi Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews) – Guna mengurangi stress yang meningkat karena adanya serangan pandemi covid-19 yang belum usai ini, Tim PKM-K yang diketuai oleh Desy Nur Rahmawati (S1 Bimbingan Konseling) menciptakan inovasi lotion alami aromaterapi dengan judul PKM-K dengan judul “Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Sebagai Produk Stress Release dan Relaksasi Kulit”. (08/09/2021).

Dalam tim PKM ini, Desy bersama dengan 4 anggotanya yaitu Nadifa Nur Permata (S1 Pendidikan Kimia), Anik Novitasari (S1 Pendidikan Akuntansi), Rizki Mulianingsih(S1 Psikologi), dan Muhammad Qomaruddin Sya’bani (S1 Teknologi Pendidikan).

Seperti yang kita tahui bersama bahwa manusia selalu dituntut untuk mengikuti perkembangan dan terus beradaptasi dengan perubahan yang kian lama kian cepat. Manusia yang terus dituntut untuk mengikuti perubahan, sangatlah rentan dengan stress, gejala kecemasan, depresi maupun gangguan mental.

“menurut data, manusia membutuhkan produk penghilang stress atau stress release dan banyak dicari “ ujar Desy. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa stres berpengaruh pada banyak hal, diantaranya menjadi faktor pemicu utama masalah peradangan kulit, kulit berminyak, maupun kulit kering.

“Tim kami membuat formulasi “Care-U” lotion, yaitu alami aromaterapi dari ekstrak daun pisang raja, karena kandungan serotonin pada pisang dapat berfungsi sebagai antistres. Kandungan vitamin B dan vitamin E didalamnya juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit “, terang Desy.

Hal serupa juga disampaikan oleh Wiryo Nuryono, selaku dosen pembimbing dari tim PKM-K ini

“Lotion ini dapat menjadi produk alternatif untuk menghilangkan stres, dan mengurangi kecemasan terlebih di era pandemi Covid ini”pungkasnya.

Melalui produk ini, tentunya TIM PKM -K “Lotion Aromaterapi dari Ekstrak Daun Pisang Sebagai Produk Stress Release dan Relaksasi Kulit” mengharapkan masyarakat dapat terbantu untuk menghadapi masa Pandemi seperti saat ini. Setidaknya, masyarakat dapat mengurangi tingkat stress melalui lotion alami aromaterapi yang mereka buat ini. (Nafisha/putri/qulbi).