Pasien Gejala Sedang : bisa isolasi di Rumah Sakit Lapangan Tembak Surabaya

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Sebagai upaya siap siaga terhadap kasus Covid 19 yang melonjak terus, Pemerintah kota Surabaya membuka layanan Puskesmas 24 jam. Bagi warga Surabaya Asli maupun warga yang berdomisili di kota Surabaya, untuk bisa datang ke Puskesmas yang dekat sesuai domisili rumahnya masing-masing, apabila ada keluhan gejala sakit terkait Covid 19, misalnya badan panas, batuk, badan panas dingin,sesak nafas,dll agar bisa diperiksa kesehatannya dengan segera , misalnya tindakan awal swab antigen.

“Pasien yang datang dengan swab antigen menunjukkan reaktif/positif,PCR positif akan kami klasifikasi menjadi pasien Covid 19 tipe ringan, sedang, dan berat,” ujar dr Maria dari Puskesmas Keputih Surabaya kepada Lintas Jatim News, Senen (19/07/2021)

dr Maria melanjutkan, untuk pasien Covid 19 kondisi ringan pihak Puskesmas akan menyarankan untuk isolasi mandiri di rumah bila masih memungkinkan kondisi rumah pasien ,bila tidak akan dilakukan isolasi mandiri di Hotel yang dirujuk oleh Puskesmas. Untuk pasien Covid 19 kondisi sedang akan dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Tembak di Kedung Cowek Surabaya.  Sedangkan untuk pasien Covid 19 kondisi gejala berat akan dirujuk ke Rumah Sakit Dr Suwandi Surabaya.

Untuk saat ini tidak semua Puskesmas di Surabaya ada tempat untuk isolasi pasien Covid 19. Dan Puskesmas Keputih saat ini dijadikan rujukan untuk persalinan non Covid 19. (Budi)