Menjelang dan Sesudah Lebaran, Harga Ikan Laut Naik di Surabaya

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Harga ikan laut sempat naik di Kota Surabaya, Jawa Timur, menjelang dan saat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Selain karena tingginya permintaan, harga naik karena beberapa faktor lain.

Karena kebanyakan para pedagang masih belum normal untuk beraktifitas jual beli di pasar, namun setelah hari raya ketupat, harga akan mulai turun dan normal.

Berdasarkan hasil pengawasan Media lintasjatimnews.com di pasar tradisional Pabean Jalan Panggung Surabaya, setidaknya beberapa faktor harga ikan laut sempat naik di hari Lebaran. (18/05/2021).

Diantara faktor tersebut antara lain selama libur Hari Raya Idul Fitri, banyak para nelayan yang libur ingin berkumpul bersama keluarga.

Faktor lain beberapa bulan terakhir ini terjadi cuaca ekstrem sehingga banyak para nelayan yang takut melaut.

Oleh sebab itu stok ikan laut lebih sedikit dibandingkan angka permintaan, terutama menjelang dan saat Lebaran. Di sisi lain, kebijakan larangan mudik menyebabkan tingginya permintaan di pasar-pasar Surabaya.

Karena meningkatnya warga permintaan ikan laut untuk Lebaran tahun ini karena adanya penyekatan dan kebijakan larangan mudik. (Najib).