SMP Negeri 3 Gelar Peringatan Hari Santri Nasional dengan Khidmat

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews –SMP Negeri 3 Babat turut memperingati Hari Santri Nasional dengan penuh khidmat, Selasa (22/10/2024). Seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan mengenakan pakaian bernuansa putih, menghadirkan suasana sederhana namun bermakna di Masjid sekolah. Kegiatan ini dipimpin oleh dua koordinator, yaitu Bapak M. Roni Firdaus, M.Pd.I dan Bapak M. Mubaroq, S.Pd.I.

Rangkaian acara dimulai dengan kegiatan rutin setiap hari yaitu salat dhuha berjamaah, dilanjutkan dengan doa bersama yang mengundang kekhusyukan bagi semua peserta.

Kepala sekolah, Bapak M. Said, S.Pd, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar siswa-siswi SMP Negeri 3 Babat dapat memahami pentingnya sejarah Hari Santri Nasional. “Hari Santri adalah momen untuk menghargai jasa para pahlawan, kyai, dan ulama yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan. Semoga kita bisa meneladani semangat perjuangan mereka,” ucapnya.

Acara dilanjutkan dengan ceramah peringatan Hari Santri Nasional oleh Bapak Mulyo Wardoyo, M.Pd. Dalam ceramahnya, beliau mengingatkan bahwa santri harus percaya diri, memiliki semangat tinggi, dan berdedikasi dalam setiap aspek kehidupan.

“Santri bisa menjadi apa saja, tergantung bagaimana mereka mengasah kemampuan dan mengabdikan diri dengan sepenuh hati,” ujar Bapak Mulyo, memberikan motivasi kepada para siswa.

Kegiatan dilanjutkan dengan Tartil Al-Qur’an Juz 30 yang dipimpin oleh Bapak M. Mubaroq, S.Pd.I, memberikan suasana penuh makna dalam memperingati hari yang istimewa ini. Acara kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak M. Roni Firdaus, M.Pd.I.

Peringatan Hari Santri Nasional di SMP Negeri 3 Babat berlangsung secara sederhana namun sarat makna. Seluruh rangkaian kegiatan ini tidak hanya memperkuat ikatan spiritual peserta, tetapi juga mempertegas nilai-nilai keislaman dan kebangsaan yang harus selalu dijaga dan diamalkan.

Dengan peringatan ini, diharapkan para siswa mampu menghayati dan meneladani semangat perjuangan para pahlawan serta meningkatkan dedikasi dan semangat dalam menuntut ilmu.

Selain peringatan Hari Santri, SMP Negeri 3 Babat pada hari yang sama mengundang orang tua / wali murid untuk mengikuti kegiatan Parenting bersama motivator nasional, Afif Hidayatullah, S,Pd., M.Ag, M.Ak.

Reporter: M. Said