Dua Pengawas SMP Disdik Lamongan Lakukan PMKG di SMPM Jipat dan Mutu Paciran

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di Kabupaten Lamongan, maka Dinas Pendidikan (Diasdik) Kabupaten Lamongan mengadakan kegiatan Penjamin Mutu Kinerja Guru (PMKG) 2024 bagi guru SMP Negeri dan Swasta.

PMKG dilakukan oleh pengawas SMP di lingkungan Disdik Lamongan yang terjadwal di bulan Oktober 2024. Adapun PMKG SMP Muhammadiyah 14 (SMPM Jipat) Paciran dan SMP Muhammadiyah 7 (Mutu) Paciran berlangsung Senin (21/10/2024), pengawas yang bertugas adalah Suhartono, SPd MPd dan Mohamad Irfa’i, SPd MPd.

Peserta PMKG berjumlah 37 guru dengan rincian; 27 guru SMPM Jipat Karangasem Paciran dan 10 guru SMP Mutu Blimbing Paciran. Kegiatan bertempat di aula KH Ali Manshur lantai 3 SMPM Jipat Ponpes Karangasem Paciran.

Acara terbagi menjadi dua bagian, yaitu pembukaan dan pelaksanaan PMKG. Bertugas menjadi MC dalam pembukaan, Hj Siti Mutohhiro, SPd MPd, sedangkan sambutan selamat datang kepala SMPM Jipat. Sambutan pengarahan oleh pengwas dan ditutup do’a kepala SMPM Mutu (Wariono, SAg MPdI).

Suhartono, SPd MPd, dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan PMKG secara subtansi sama dengan PKG (Penilaian Kinerja Guru), maka harus siap untuk disupervisi dalam meningkatkan kenerja menuju profesionalisme,” jelas pria asal Kecamatan Kedungpring.

“Perkembangan teknologi dan informasi saat ini, seperti AI (Artificial Intelligence) dapat dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran dan menyiapkan administrasi Pendidikan. Salah tugas guru adalah menyiapkan Modul Ajar (MA) dan komponennya akan dibahas bersama untuk penyempurnaan,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Mohamad Irfa’i, SPd MPd dalam menyampaikan sambutan singkatnya. Modul Ajar secara umum sebagaimana dalam Platform Medeka Belajar mencakup kelengkapan empat hal, di antaranya:

  1. Tujuan pembelajaran
  2. Rencana asesmen di awal dan akhir pembelajaran
  3. Langkah pembelajaran
  4. Media pembelajaran

Selanjutnya peserta PMKG dibagi menjadi 2 kelompok untuk diverifikasi dokumen kelengkapan Modul Ajar. Masing-masing guru dibina oleh pengawas Pendidikan SMP Disdik Lamonga, Suhartono, SPd MPd dan Mohamad Irfa’i, SPd MPd.

Setiap peserta menyiapkan instrumen PMKG yang telah diisi sebagai data evaluasi diri. Hasil verifikasi kelengkapan dokumen faktual dicocokkan dengan instrumen isian PMKG, hasil penilaian diprint untuk guru yang ditandatangani guru, pengawas, dan kepala sekolah. Selain itu, hasil soft copy-nya juga disetorkan kepada pengawas sebagai laporan.

Setelah melakukan proses PMKG, pengawas juga melakukan pembinaan dan memberikan motivasi khusus kepada guru-guru baru dan guru yang belum sertifikasi untuk senantiasa bersemangat dalam menjalan tugasnya sebagai guru. Selain tugas mengajar/mendidik, guru juga harus menyiapkan admnistrasi dalam bertugas.

Selamat dan sukses atas pelaksanaan PMKG 2024 SMPM Jipat Karangasem dan SMP Mutu Blimbing. Semoga ilmu dan wawasan bertambah, serta dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Amin.

Reporter: Efendy