Tingkatkan Hanpangan, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Bantu Pemeliharaan Tanaman Padi

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Kali ini Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Serda Nanang melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian yaitu dengan membantu pemeliharaan tanaman padi dengan mencabuti rumput ( gulma )milik petani, yang berlokasi di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Sabtu(26/10/2024).

Keberadaan Babinsa sebagai mitra petani dalam proses pertanian sangatlah penting untuk mencapai hasil panen yang optimal dan berkelanjutan.

Babinsa merupakan sosok yang memiliki peran penting dalam membantu masyarakat di tingkat desa, salah satu tugas Babinsa adalah membantu dalam berbagai kegiatan pertanian, termasuk membantu dalam proses pemeliharaan tanaman. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa adalah membantu dalam proses mencabuti rumput-rumput liar (gulma).

Menurut Serda Nanang selaku babinsa Koramil 0801/11 Donorojo mengatakan, pemeliharaan tanaman padi dengan cara mencabuti Rumput (gulma) merupakan kegiatan yang penting dalam pertanian untuk menjaga tanaman agar dapat tumbuh dengan optimal, gulma juga dapat bersaing dengan tanaman utama dalam mendapatkan air, nutrisi, dan cahaya matahari, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang diinginkan.

“Oleh karena itu, tindakan pencegahan dan pengendalian gulma perlu dilakukan secara teratur,agar menghasilkan tanaman padi dengan hasil panen yang memuaskan,” Ungkap Babinsa.

“Selaku Babinsa kami berperan aktif memberikan pemahaman tentang jenis-jenis gulma yang biasa tumbuh di sekitar lahan pertanian dan cara mengidentifikasinya, memberikan contoh cara yang efektif melakukan cabut gulma tanpa merusak tanaman utama”, Pungkasnya.

Dengan bantuan dari Babinsa, petani dapat melakukan proses cabut gulma secara lebih efisien dan efektif. Hal ini akan membantu meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa binaanya.

Reporter: priyo