Dandim 0801/Pacitan Bersama Unsur Forkopimda Hadiri Peringatan Hari Santri Nasional T.A. 2024

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Dandim 0801/Pacitan hadiri Upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 dengan mengambil tema ” Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” meneladankan semangat jihad kepada para Santri tentang keindonesiaan yang di gelorakan para Ulama ,Di selenggarakan di Alun-alun Kota Pacitan, Selasa(22/10/2204).

Upacara di awali dengan membacakan Sambutan Menteri Agama RI, yang dibacakan oleh Ir. Budi Sarwoto, M.M (PJ Bupati Pacitan),Dalam suasana peringatan Hari Santri tanggal 22 Oktober ini semoga kita dapat selalu mengikuti ajaran-ajaran beliau dengan berpegang teguh pada ajaran Islam Rahmatan Lil’alamin.

Peringatan hari santri 2024, kementerian agama mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” tema ini mengingatkan pada salah satu bait dalam kitab alfiyyah ibnu malik yang menjelaskan bahwa seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai.

Tema “menyambung juang merengkuh masa depan” adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini bertugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu, menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman.

Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah, maka saat ini santri berjuang melawan kebodohan, para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab menjaganya sekaligus berkontribusi dalam membangun masyarakat.

Masa depan indonesia ada di pundak kalian, berharap hari santri tahun 2024 ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan, mewujudkan cita-cita bangsa. santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. santri bisa menjadi Presiden ataupun Wakil Presiden, seperti KH. Abdurrahman Wahid dan KH. Ma’aruf Amin, banyak menteri pengusaha, dan birokrat, yang berlatar belakang santri.

Santri bisa menjadi apa saja. asalkan terus berjuang, berusaha, dan tidak menyerah, seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, “Man jadda wajada” barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil, kepada para santri saya berpesan rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia.

Terima kasih kepada seluruh elemen bangsa yang saat ini sedang bersuka ria memeriahkan peringatan hari santri 2024. semoga Allah SWT senantiasa meridhoi, membimbing, memberkahi dengan hasil yang terbaik dari setiap ikhtiar mari kepalkan tagan dan bersama hari santri 2024 menyambung juang, merengkuh masa depan.

Di kesempatan yang sama seusai Upacara, Dandim 0801/Pacitan Letkol Arh Imam Musahirul, S.H., M.I.P. melalui media center 0801/Pacitan menyampaikan bahwa pada momentum hari santri tahun ini, santri memiliki andil besar untuk senantiasa aktif ikut berkontribusi dalam memajukan negeri ini.

“Pihaknya berharap para santri terus memiliki semangat memiliki visi di depan memiliki cita-cita ke depan untuk bisa hadir bersama-sama dan membangun negara ini menjadi negara yang hebat”, Ujar dandim

“Selamat Hari Santri Tahun 2024, momentum hari santri tahun ini, sebagai media pengingat bagi kita semua, khususnya kepada para santri, bahwa semua memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” Tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ir. Budi Sarwoto,M.M (Pjs. Bupati Pacitan),Letkol Arh. Imam Musahirul, S.H., M.I.P (Dandim 0801/Pacitan),Bpk. Eri Yudianto, S.H., M.H. (Kajari Pacitan),Kapolres Pacitan diwakili Kompol Pujiyono, S.H. (Wakapolres Pacitan),Sdr. Dodik Prahcoyo (Anggota DPRD Pacitan Fraksi PKB),Dr. Ir. Heru Wiwoho SP, M.M. (Sekda Pacitan),Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin, S.T. (Danlanal Pacitan),H. Imam Turmidi S.Ag, H.M.I (Kepala Kemenag Kab. Pacitan),Bpk. Irman Fadli, S.Ag., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Pacitan),Bpk. Iman Perkasa (Kasubag Pengadilan Negeri Pacitan),Penjabat Eselon II dan III Pemda Pacitan,K.H. Sutrisno, S.H.I, M.M (Ketua Tanfidziah PC NU Pacitan),KH. Gus Lukman Hamid Dimyati (Pimpinan Ponpes Termas Arjosari),KH. Abdullah Sajad (Ketua MUI Pacitan/ Pimpinan Ponpes Nahdlatussubhan Arjowinangun Pacitan),Camat se-Kab. Pacitan,Pimpinan Pondok pesantren se Kab. Pacitan,Tokoh NU Pacitan,Seluruh Banom NU Pacitan,Santriwan dan Santriwati Ponpes dan Siswa-siswi Madrasah se – Kab. Pacitan.

Reporter: priyo