Gebyar Kreasi Batik pada Oktoberbatik Lamongan 2024

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Ratusan kreasi batik khas Lamongan dipamerkan pada Oktoberbatik Lamongan 2024. Bertempat di GOR Lamongan.

Tak hanya dipajang, pada acara yang digelar Disperindag dan Dekranasda Lamongan ini, batik juga diwujudkan menjadi beragam kreasi untuk dilombakan pada Fashion Show Berkain Batik. Melalui gelaran ini, diharapkan akan muncul inovasi kreasi batik baru sehingga batik Lamongan akan semakin dikenal.

Sebanyak 13 brand batik ternama di Lamongan berpartisipasi menampilkan karya terbaiknya untuk ditunjukkan kepada khalayak. Setiap brand batik mengusung motif yang khas sehingga mampu memberi nilai tambah bagi batik Lamongan.

Karya para pemenang Lomba Desain Batik juga dipamerkan melalui instalasi seni yang menarik. Ini merupakan hasil seleksi dari Lomba Desain Batik yang sudah digelar pada Agustus yang diikuti oleh 200 pelajar di Lamongan dan 25 peserta dari masyarakat umum.

Ragam kreasi batik Lamongan semakin memesona ketika diperagakan pada Fashion Show Berkain Batik yang terdapat 3 kategori, yakni Kategori Pelajar, Big Size, serta OPD dan Kecamatan.

Kategori Big Size sebagai kategori baru yang dapat diikuti peserta dengan berat badan di atas 80 kg, berhasil memikat antusiasme pengunjung. Hal ini membuktikan bahwa Batik Lamongan cocok digunakan oleh siapa saja.

Plt. Bupati Lamongan Abdul Rouf mengapresiasi seluruh partisipan acara ini. Menurut beliau, para partisipan berkontribusi dalam melestarikan serta mendorong inovasi dalam kreasi batik Lamongan.

Lanjut Abdul Rouf kami sampaikan banyak terima kasih atas partisipasi seluruh peserta, baik lomba desain maupun fashion di berbagai kategori, dan kami harapkan terus bersemangat dalam memberikan karya terbaiknya, karena panitia menyediakan apresiasi yang cukup menarik, yaitu hadiah bagi para pemenang lomba yang seluruhnya akan diserahkan pada acara malam ini dengan total hadiah senilai lebih dari 30 juta rupiah

Ditambahkan Abdul Rouf mengajak masyarakat Lamongan untuk terus mencintai dan merawat batik Lamongan sebagai salah satu warisan budaya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengenakannya pada banyak kesempatan. Selain itu, juga dengan terus berkreasi dan bereksperimen sehingga akan tercipta desain dan ikon baru batik Lamongan.

“Melalui pameran batik di gedung ini dan fashion show yang menampilkan batik-batik khas Lamongan, dapat kita lihat betapa sungguh indahnya batik sebagai mahakarya yang telah kita warisi, oleh karenanya mari kita semua melalui momen ini untuk makin mencintai batik khususnya batik khas Lamongan dan mengenakannya pada lebih banyak kesempatan,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Pak Rouf juga menyerahkan Penganugerahan untuk para pihak yang telah berdedikasi dalam melestarikan batik Lamongan. Penganugerahan tersebut di antaranya adalah Pelestari Warisan Batik Lamongan yang diserahkan kepada Kades Sendangduwur dan Kades Sendangagung, Pembina Batik Lamongan yang diserahkan kepada Kepala SMP N 1 Lamongan, dan Pewaris Inovasi Batik Lamongan yang diserahkan kepada Umar Basuki.

Reporter Fathurrahim Syuhadi