Patroli Skala Besar Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Trenggalek

Listen to this article

TRENGGALEK lintasjatimnews – Ratusan personel gabungan dari berbagai instansi melakukan patroli skala besar di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Patroli ini merupakan upaya pengamanan dalam rangka Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (20/10/2024).

Patroli skala besar ini dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si., dan Komandan Kodim (Dandim) 0806/Trenggalek, Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., yang bersama-sama mengendarai sepeda motor patroli menyusuri titik-titik strategis di wilayah tersebut. Patroli ini melibatkan personel gabungan dari Polres Trenggalek, Kodim 0806/Trenggalek, Subdenpom Persiapan Trenggalek, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub). Di tingkat kecamatan, patroli melibatkan personel Polsek, Koramil, dan Satpol PP setempat.

Sasaran patroli ini mencakup sejumlah objek vital yang menjadi pusat kegiatan masyarakat dan pemerintahan, seperti kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), gudang logistik Pilkada, serta fasilitas umum dan lokasi-lokasi padat aktivitas lainnya. Upaya ini merupakan langkah preventif untuk memastikan keamanan selama proses pelantikan berlangsung, serta menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang sudah memasuki masa kampanye.

“Ini adalah wujud nyata kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, khususnya dalam menciptakan rasa aman dan nyaman pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI,” ungkap AKBP Indra Ranu Dikarta.

Senada dengan hal tersebut, Dandim 0806/Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto menegaskan bahwa patroli skala besar ini tidak hanya berfokus pada pengamanan pelantikan, tetapi juga untuk menjaga stabilitas keamanan daerah dalam rangka persiapan Pilkada serentak.

“Kita memastikan situasi tetap kondusif di tengah masa kampanye Pilkada serentak yang saat ini sedang berlangsung. Patroli gabungan ini adalah salah satu langkah konkret kita dalam menciptakan rasa aman bagi seluruh masyarakat Trenggalek,” ujar Letkol Czi Yudo Aji Susanto.

Dengan sinergi yang kuat antara TNI, Polri dan instansi terkait lainnya, diharapkan pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, serta proses Pilkada serentak, berjalan aman, lancar dan kondusif.

Reporter: feri