Koramil 0801/12 Pringkuku Beri Pelatihan LDKS ke Siswa-Siswi SMK

Listen to this article

PACITAN lintasjatimnews – Sebanyak 48 siswa-siswi SMK N Pringkuku mengikuti latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) yang dilaksanakan di Aula Pertemuan SMK Negeri Kecamatan Pringkuku,Kabupaten Pacitan, Minggu (20/10/2024)

Plh Danramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan Peltu Lilik Susanto saat pimpin LDKS mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban generasi muda penerus cita-cita bangsa.

LDKS dilakukan untuk memberikannya pendidikan terbaik dalam upaya menyiapkan calon pemimpin yang tangguh dan tahan uji. Tentu saja hal ini dipersiapkan untuk menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa Indonesia kedepan.

“Saat di konfirmasi melalui media Center 0801/Pacitan, LDKS merupakan tahap pertama yang harus dilalui siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS, karena ini adalah syarat utama dalam kepengurusan OSIS,” Ujar Peltu Lilik.

PLH ( Pelaksana Harian )Danramil Peltu Lilik mengatakan dalam pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter, disiplin kepemimpinan agar nantinya ia bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk keluarga dan masyarakat

“Semua siswa harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan sesuai ketentuan yang berlaku, dan apabila ada yang melanggar, sangsi pun diberlakukan,” Ungkapnya.

Dia juga mengatakan, dalam melaksanakan tugas kepengurusan, di perlukan adanya pembinaan atau latihan dasar untuk para pengurus OSIS agar mereka paham tugas pokok dan tanggung jawab yang diembannya

“Kegiatan ini tentunya dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Berbagai materi yang diajarkan mencakup kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang solid dan bijaksana,” Pungkasnya.

Reporter: priyo